2 Kapal Patroli PLP Tanjung Priok Gelar Sosialisasi Keselamatan Berlayar dan Dukung Wisata Bahari

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 27/Feb/2022 09:12 WIB


CIREBON (BeritaTrans.com) - Dua kapal patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok Ditjen Perhubungan Laut menggelar sosialisasi keselamatan dan keamanan berlayar, sekaligus dukung wisata bahari.

Kepala PPLP Tanjung Priok, Capt. Wahyu Prihanto, mengungkapkan dua kapal iru adalah KN Kujang P201  ke Pelabuhan Panjang dan KN Celurit P203 ke Cirebon. Sedangkan kapal patroli lainnya melakukan tugas yang sama di pelabuhan-pelabuhan lain.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

Kepada BeritaTranscom dan Aksi.id, Ahad (27/2/2022), mantan Kepala KSOP Kumai dan Muara Angke itu menuturkan kru dua kapal itu bertandang ke pelaut dan nelayan di pelabuhan.

Mereka,  "kembali mengingatkan tentang kewajiban untuk menjunjung keselamatan pelayaran, sekaligus melindungi kelestarian lingkungan maritim. Juga agar melengkapi berbagai dokumen berlayar,," ungkap Wahyu Prihanto.

Baca Juga:
Usai Pelayanan Angleb di Pelabuhan Panjang, KN Trisula P.111 Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Pengawasan dan Pengamanan Jalur TSS di Perairan Selat Sunda

Dalam aksi patroli, dia mengutarakan petugas PLP Tanjung Priok juga melaksanakan pengamanan dan pengawasan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP).

Patroli ini sekaligus mencegah aksi pencurian terhadap komponen SBNP.. Apabila ada SBNP bermasalah, maka petugas akan melaporkan ke Distrik Navigasi.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

"Kami juga melaksanakan dukungan terhadap penyelenggaraan wisata bahari. Tentu konteksnya antara lain tentang keselamatan berlayar," cetusnya.

Aksi itu, mantan Kepala UPP Kuala Samboja tersebut merupakan bagian implementasi dari arahan Plt Dirjen Perhubungan Laut dan Direktur Kenavigasiaan. (omy).