Tol Cikampek II Selatan Bakal Beroperasi Gratis, Antisipasi Mudik Macet

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 07/Apr/2022 09:05 WIB
Ilustrasi Tol Bekasi Timur. Foto: BeritaTrans.com. Ilustrasi Tol Bekasi Timur. Foto: BeritaTrans.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara fungsional jika terjadi kemacetan parah selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Jadi (Tol) Jakarta-Cikampek Selatan ini akan kami siapkan untuk fungsional, apabila terjadi kondisi kemacetan yang parah," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, mengutip Antara, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Basuki mengatakan pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan ini sebagai antisipasi ruas fungsional untuk arus mudik dan balik lebaran.

"Untuk pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan antara Sadang Km 62 dan Kutanegara Km 53 sepanjang 8,6 Km, sebagai antisipasi ruas fungsional untuk arus mudik-balik yang disambungkan ke Jalan Industri 15 Km dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gate Karawang Timur Km 54," kata Basuki.

Adapun, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan jalan tol yang sedang dalam tahap pembangunan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Saat ini, progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) telah mencapai 62,17 persen. Proyek ini ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang. Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 92,04 persen.

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Jalan Tol Japek Selatan nantinya memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Selain itu, tol ini berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah industri, maupun wisata.

Nantinya, setelah beroperasi penuh, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan investasi sebesar Rp14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta dan memiliki tujuh buah simpang susun. (dn/sumber: cnnindonesia.com)

Baca Juga:
Antisipasi Puncak Arus Balik Tol Cikampek, Pemerintah Terapkan Rekayasa Lalin