CMA CGM Beli 100% Saham Bisnis Otomotif Logistik GEFCO dari Russian Railways RZD

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 10/Apr/2022 12:50 WIB


MARSEILLE (BeritaTrans.com) - Grup pelayaran CMA CGM telah mengakuisisi 100% saham bisnis logistik otomotif GEFCO, yang hingga saat ini 75% dimiliki oleh Russian Railways RZD dan 25% oleh perusahaan mobil Stellantis.

Perusahaan pelayaran mengatakan bahwa kesepakatan itu akan memastikan kesinambungan dan stabilitas jangka panjang GEFCO dan memperkuat jangkauan layanan yang dapat diberikan oleh anak perusahaan CEVA Logistics kepada pelanggan.

“Akuisisi GEFCO dan integrasinya dalam CEVA Logistics akan menciptakan penyedia logistik otomotif terkemuka di dunia dan akan memperkuat posisi kepemimpinan CEVA dalam kontrak logistik,” kata perusahaan tersebut.

Baca Juga:
CMA CGM Group Luncurkan Layanan Pengumpulan dan Daur Ulang Kertas Bekas dan Kemasan Plastik di Indonesia

“Berkat tambahan GEFCO, CEVA Logistics akan terus berkembang di seluruh dunia dan memperkuat posisinya di pasar-pasar utama, terutama Prancis dan seluruh Eropa.”

Kesepakatan telah diajukan ke otoritas persaingan untuk mendapatkan persetujuan, tetapi sebagai bagian dari prosedur khusus, Komisi Eropa telah memberi wewenang kepada CMA CGM untuk segera mengakuisisi ibukota GEFCO, sambil menunggu persetujuan akhir yang akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga:
CMA CGM Raih Penghargaan Sebagai Global Shipping Line Terbaik di Asian Freight, Logistics and Supply Chain Awards 2022

GEFCO, hingga 2012, dimiliki oleh Grup PSA (Peugeot, Citroën, DS, Opel dan Vauxhall) ketika RZD membeli 75% saham dalam kesepakatan senilai sekitar €800 juta.

Tahun lalu Grup PSA bergabung dengan Fiat Chrysler untuk membentuk Stellantis.

Baca Juga:
CMA CGM Galangkan The Special Fund USD 1,5 Miliar, Guna Percepat Transisi Energi dalam Shipping dan Logistik

Rodolphe Saadé, ketua dan kepala eksekutif CMA CGM Group, mengatakan: “Akuisisi GEFCO merupakan langkah lebih lanjut dalam strategi pengembangan kami dan memperkuat posisi kami sebagai pemain global dalam transportasi dan logistik. Dengan GEFCO, anak perusahaan kami CEVA akan menjadi pemimpin dunia dalam logistik otomotif, setelah baru-baru ini meningkatkan kemampuannya dalam logistik e-niaga dengan akuisisi Ingram Micro CLS.

“Kami menciptakan pemimpin Prancis untuk melayani pelanggan kami di seluruh dunia.”