Sudah 65.134 Jemaah Calon Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 25/Jun/2022 13:14 WIB
Jemaah haji tiba di Mekah. Jemaah haji tiba di Mekah.

 

MEKAH (BeritaTrans.com) - Jemaah calon haji dari Indonesia yang tiba di Tanah Suci terus bertambah. Total kedatangan jemaah haji reguler yang tiba di Arab Saudi mencapai 65.134 jemaah orang per Jumat, 24 Juni 2022 malam.

Baca Juga:
Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Berlebihan Berswafoto di Tanah Suci

Laporan Harian Kantor Urusan Haji yang diterima pada Sabtu, (25/6/2022) menyebutkan, jumlah 65.134 ini merupakan akumulasi jemaah yang mendarat di Madinah atau Gelombang I dan jemaah yang mendarat di Jeddah atau Gelombang II.

Dari 65.134 orang ini, dilaporkan ada 53.512 jemaah yang sudah tiba di Mekah. Rinciannya, 34.713 dari Madinah dan 18.799 dari Jeddah.

Baca Juga:
Jemaah Haji Kelaparan Saat Delay Selama 5 Jam, Kemenag: Kami Protes, Saudi Airlines Minta Maaf

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif mengimbau jemaah calon haji untuk selalu menggunakan alat pelindung diri dari paparan sinar matahari. Jemaah juga diminta untuk selalu minum air. Sebab, suhu rata-rata di Makkah di atas 40 derajat Celsius.

"Suhu udara di Kota Makkah rata-rata di atas 40 derajat Celsius, sehingga kita imbau kepada jemaah haji agar selalu menggunakan pelindung dari paparan langsung sinar matahari, seperti payung dan sebagainya. Dan yang penting jemaah selalu bawa botol minum dan minum sebelum haus untuk menghindari dehidrasi," kata Khanif di Kantor Daker Makkah, Rabu 22 Juni 2022.

Baca Juga:
24.276 Calon Jemaah Haji 2023 Tak Lunasi Bipih, Kuotanya Dialihkan ke Jemaah Cadangan

Dia juga mengingatkan jemaah agar tidak lupa dengan alas kaki bila hendak pergi beribadah ke Masjidil Haram.

Jemaah calon haji dari kloter UPG8 Makassar tiba di sektor 2 Makkah pada Jumat siang (24/6/2022). Rata rata jemaah tersebut berasal dari Kendari, Muna, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

"Saat ini jumlah jemaah haji kita yang datang 393 jemaah. Hari ini akan ada lagi kedatangan di sektor 2 setelah salat Ashar atau jam 4 akan landing di Bandara Jeddah," ujar Kepala Sektor 2 Syisyah Daker Mekah Lutfi Yunus di hotel Shafa Al Murjan, Makkah.

Dia menerangkan, di sektor 2 ini ada 31 kloter dan yang terbanyak dari UPG Makassar mencapai 19 kloter dan BTH Batam 12 kloter. Rencananya, kedatangan di sektor 2 sampai 5 Juli 2022.

"Dengan kedatangan UPG8 hari ini, maka seluruhnya sudah berjumlah 8 kloter, UPH dan BTH. BTH 4 kloter. Kita masih banyak. sore ada lagi," kata dia.

Beberapa jemaah yang datang langsung melakukan sujud syukur di depan hotel begitu turun dari bus. Jemaah yang lain masuk ke dalam hotel. Di dalam hotel, mereka mendapat sambutan hangat dan diberi bunga mawar, air zam zam, hingga kurma.

Jemaah kemudian diarahkan masuk kamar hotelnya masing-masing dan koper bawaan mereka akan dibawa oleh petugas. Sejumlah jemaah pun ada yang mengecek lokasi keberadaan kopernya. (ds/sumber LIputan6.com)

Tags :