Starlink Elon Musk Kini Bisa Jadi WiFi Pesawat, Kapal dan Mobil

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 03/Jul/2022 09:54 WIB


Jakarta (Beritatrans.com) - Internet satelit Starlink milik Elon Musk semakin dapat angin untuk mengembangkan bisnis dan jaringannya. Pemerintah AS mengizinkan mereka untuk menyediakan WiFi pada kendaraan bergerak, baik itu moda transportasi darat, laut dan udara.

Izin itu diberikan oleh Federal Communications Commission (FCC) di Amerika Serikat. Mereka mengumumkan bahwa Starlink diizinkan untuk memperluas kerjasama dengan maskapai penerbangan, kapal laut dan mobil caravan.

"Mengizinkan sistem satelit SpaceX meluaskan diri ke berbagai kemampuan broadband untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang meminta konektivitas saat bergerak, termasuk mobil RV melintasi negeri, kapal kargo dari Eropa ke pelabuhan di Amerika atau pada penerbangan domestik dan internasional," kata FCC dalam pengumumannya yang dilansir Gizmodo, seperti dilihat Minggu (3/7/2022).

SpaceX selama ini memang sudah membangun Starlink sebagai konstelasi raksasa satelit di orbit rendah Bumi. Mereka berencana memasang 42 ribu satelit untuk memberikan layanan internet di seluruh dunia.

Starlink saat ini sudah beroperasi di AS, Kanada, Selandia Baru, sebagian Australia, Inggris, Prancis dan Spanyol. Target mereka menambah jumlah negara yang dilayani pada akhir 2022.

Starlink juga bekerja sama dengan beberapa maskapai komersil untuk menyediakan WiFi di pesawat. Pada April 2022, Hawaiian Airlines mulai menyediakan WiFi in-flight gratis pakai Starlink. Sementara itu, maskapai Delta Airlines sedang dalam tahap uji coba.

Dengan persetujuan FCC, Starlink bisa memperluas bisnis mereka ke berbagai bidang lain yang punya kebutuhan mobilitas yang sama. Untuk kapal pesiar, perusahaan Royal Caribbean sudah melirik Starlink untuk rencana penyediaan internet di aneka kapal pesiar yang mereka miliki.    (ny/Sumber: detik.com)