Tidak Penuhi Syarat Perjalanan, 13 Orang Gagal Naik KA

  • Oleh : Fahmi

Senin, 18/Jul/2022 21:01 WIB
Penumpang KA menanti keberangkatan di Stasiun Pasar Senen. (Foto/Dok.KAI Daop 1 Jakarta) Penumpang KA menanti keberangkatan di Stasiun Pasar Senen. (Foto/Dok.KAI Daop 1 Jakarta)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebanyak 13 calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) batal berangkat dari Stasiun kelolaan PT KAI Daop 1 Jakarta, karena tidak memenuhi syarat protokol kesehatan. Hal itu terhitung sejak pemberlakuan aturan baru yang mulai berlaku, Ahad (17/7/2022) kemarin hingga hari ini Senin (18/7).

"Terdapat 13 calon pengguna yang batal berangkat karena tidak memenuhi syarat protokol kesehatan seperti memiliki hasil antigen positif atau belum vaksin," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (18/7/2022).

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

Sesuai SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022 pelanggan KAJJ usia diatas 17 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding. 

Daop 1 Jakarta menghimbau kepada seluruh calon pengguna Jasa KA agar memperhatikan kembali dan menyiapkan persyaratan dengan baik sebelum berangkat. 

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

Untuk melengkapi persyaratan, bagi yang ingin melakukan vaksin layanan vaksin gratis tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir dengan jam operasional mulai Pkl 08.00 sd 12.00 WIB. 

Sementara untuk layanan antigen saat ini juga telah tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 9 KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Senin 22 April

Saat pemberlakuan wajib vaksin booster tersebut, juga terdapat 368 penumpang melakukan vaksin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Sejak dibuka sejak 15 Juli lalu hingga hari ini tercatat sebanyak 368 peserta vaksin telah dilayani pada pelayanan vaksin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen," ujar Eva.

Pengguna layanan vaksin tersebut terbagi dengan rincian 105 peserta melakukan vaksin di Stasiun Gambir dan 263 peserta melakukan vaksin di Stasiun Pasarsenen. 

Eva mengatakan, penerapan SE Kemenhub tersebut telah disosialisasikan dan banyak penumpang yang memenuhi syarat untuk naik KA.

"KAI Daop 1 Jakarta menilai sosialisasi yang dilakukan berjalan baik, hal ini terlihat melalui evaluasi hari pertama pada 17 Juli kemarin, dari total 18.800 pengguna jasa yang berangkat lewat Stasiun Gambir dan Pasar Senen," sebut Eva.(fahmi)