Setelah Pengalihan ke Bandara Kualanamu, Apa Kabar Bandara Polonia Medan Sekarang?

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 28/Jul/2022 13:04 WIB
Bandara Polonia di Medan . ANTARA/M Syafii Bandara Polonia di Medan . ANTARA/M Syafii

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setelah peresmian Bandara Kualanamu pada 25 Juli 2013 atau tepatnya 9 tahun lalu, maka Bandara Polonia di Medan yang awalnya beroperasi pun dialihkan.

Dilansir dari Antara, alasannya karena Bandara Polonia Medan diapit perumahan, perkantoran, pusat bisnis, dan berada tepat di tengah kota. Hal itulah yang dinilai amat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan dan masyarakat. Selain itu daya tampung pemakai jasa dan kargo serta akses juga sudah sangat tidak memadai. 

Baca Juga:
Rayakan HUT Ke-3, Angkasa Pura Aviasi Percepat Implementasi Kemitraan Strategis Kembangkan Bisnis di Bandara Kualanamu

Tepat pada tengah malam, Bandara Polonia pun benar-benar menghentikan pengoperasiannya. Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 7803 menjadi pesawat terakhir yang mendarat di Bandara Polonia Medan setelah mendarat Rabu, 24 Juli 2013 pukul 23.50 WIB.

Pesawat yang mendarat terakhir di Bandara Polonia tersebut terbang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat dan langsung disambut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, dan Wakil Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi.

Setelah Bandara Polonia tak beroperasi, terhitung sejak 25 September 2013, pukul 00.01 WIB, Bandara Kualanamu mengawali operasinya untuk menggantikan peran Bandara Polonia.

Pengalihan tersebut sesuai dengan dokumen AIRAC AIP (Aeronautical Information Regulation And Control/Aeronautical Information Publication) Supplement, Nomor 03/13 tertanggal 30 Mei 2013.

Dengan resmi ditutupnya penerbangan komersial di Bandara Polonia, resmi pula kawasan tersebut berada langsung di bawah Komando Operasi TNI AU. Namanya juga diubah menjadi Pangkalan Udara Soewondo. Nama Soewondo diambil dari seorang prajurit TNI AU yang gugur setelah pesawatnya ditembak jatuh oleh Belanda di Pematangsiantar.(fh/sumber:antara)