Heboh Tarif Tol Mobil Avanza Jadi Golongan II, Berikut Respons Pengelola

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 22/Sep/2022 15:46 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Saldo pengguna Toyota Avanza terpotong sebagai golongan II saat melintas di Gerbang Tol Kelapa Gading-Pulogebang. Peristiwa ini dikeluhkan seorang netizen dalam postingannya yang kemudian viral di media sosial.

PT Jakarta Tollroad Development (JTD) selaku pengelola Tol Kelapa Gading-Pulogebang menjelaskan ada kesalahan sistem di gerbang tol sehingga merugikan pengguna Avanza tersebut.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Bakal Beroperasi Agustus 2024

"Kejadian tersebut tidak ada unsur kesengajaan dari pihak kami. Namun merupakan adanya kegagalan penggolongan oleh sistem akibat terlalu sensitifnya sensor golongan," kata Kepala Divisi IT PT JTD Jaya Pratama, Abdul Rachman mengutip detik, Kamis (22/9/2022).

Kejadian itu terjadi pada Senin (19/9) pagi sekitar pukul 08.45 WIB. Seharusnya MPV Avanza yang ia kendarai masuk kategori tarif Golongan II, seharusnya bertarif Gologan I.

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Sebagai informasi, tarif kendaraan golongan I di Tol Kelapa Gading sebesar Rp 19.000, sedangkan tarif golongan II Rp 28.000.

Sementara itu, Kepala Operasional dan IT PT JTD Jaya Pratama, Charles Giroth, mengatakan terjadi kesalahan sistem saat penggolongan kendaraan di mesin sensor otomatis.

Baca Juga:
Arus Mudik Lebaran, 79.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

"Kami menggunakan sistem penggolongan kendaraan otomatis, sehingga dari sistem memang ada kesalahan penggolongan kendaraan. Yang seharusnya golongan I tapi terdeteksi oleh sistem sebagai golongan II, jadi ini pure kesalahan sistem, error system," kata Charles.

Charles mengatakan pihaknya telah memperbaiki masalah tersebut dan uang selisih telah dikembalikan kepada pengendara saat itu juga

"Sudah kami perbaiki dan sudah kami tangani. Sudah kami selesaikan di tempat, itu kami kembalikan dalam bentuk tunai," imbuh Charles.(fhm/sumber:detik)