Bupati Banggai Laut Apresiasi Kehadiran Pelayaran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 76

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Okt/2022 19:59 WIB
Kapal Perintis KM Sabuk Nusatara 76 di Banggai Laut Kapal Perintis KM Sabuk Nusatara 76 di Banggai Laut


BANGGAI LAUT (BeritaTrans.com) -  Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengapresiasi atas dipilihnya Pelabuhan Banggai Laut, Sulawesi Tengah sebagai salah satu rute pelayaran Kapal Perintis KM  Sabuk Nusantara 76. 

"Dengan adanya kehadiran KM Sabuk Nusantara 76 di daerah Banggai Laut, memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat Banggai Laut," tuturnya saat menerima kunjungan Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga:
Lagi, KSOP Gorontalo Gagalkan Pengiriman 2 Kontainer Muatan Tambang Ilegal Batu Hitam Galena

Mobilisasi warga Banggai Laut yang menempuh pendidikan di Provinsi Gorontalo sangat banyak, sehingga dapat memudahkan dengan adanya pelayaran tersebut.

Dia mengatakan, selain mobilisasi ke Gorontalo, manfaat lain dari KM Sabuk Nusantara 76 ini menjadikan akses cepat dan murah serta  juga membuka peluang besar kerja sama dengan daerah lain, untuk saling tukar hasil bumi dan home industri yang berunjung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:
Top Markotop, Pengusaha Muda Papua Lirik Program Tol Laut Besutan Kemenhub

“Nantinya Pemerintah Banggai Laut akan bersurat secara resmi kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang menjadi pangkalan Kapal KM Sabuk Nusantara agar menetapkan  Banggai Laut sebagai rute tetap kapal perintis,” ujar Sofyan.

Senada dengan Bupati Banggai laut, Kepala KSOP Gorontalo Taher Laitupa menyatakan kebanggaannya yang tinggi kepala Pemda Banggai Laut dengan respon positifnya terkait keberadaan kapal perintis.

Baca Juga:
KSOP Gorontalo Gelar Patroli dan Periksa Kapal Wisata Asing MY Samaya Berbendera Marshall Island

“Dapat saya nilai, Bupati Sofyan Kaepa adalah Bupati yang mampu membaca peluang dan sangat memahami kebutuhan warganya,” ujar Taher.

Dia mengatakan, evaluasi di sejumlah rute yang disinggahi kapal perintis semuanya sangat baik, dilihat dari jumlah penumpangnya dan juga angkutan bahan pokok dan angkutan lain nyaris tak mampu dilayani.

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Darmawangsah mendorong pertemuan lintas sektor melibatkan pelaku usaha di daerah daerah yang menjadi rute pelayaran KM Sabuk Nusantara agar kedepan terjalin kerjasama saling menguntungkan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Angkutan Laut Udara Penyeberangan dan Kereta Api, Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Darmawangsah, Kepala KSOP, Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Gorontalo Abdul Kahar. (omy)