Keren! Dasa Wisma Cendana Pamerkan Kreasi di 5 Lokasi dalam Lomba Dawis Wanajaya Cibitung

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 10/Des/2022 13:00 WIB
Dawis Cendana 1/ foto:beritatrans.com/ahmad Dawis Cendana 1/ foto:beritatrans.com/ahmad

 

Baca Juga:
TP PKK Kendal Gugah Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

CIBITUNG (BeritaTrans.com) - Dasa Wisma (Dawis) Cendana, RT 02/RW 14, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, turut ambil bagian dalam lomba kreasi Dawis dari kader penggerak PKK di Wilayah Rukun Warga (RW) tersebut.

Lomba tersebut mengenai kreasi penggerak PKK memanfaatkan lahan kosong untuk diisi berbagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Bank Sampah, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UP2KS) dan lainnya yang bisa bermanfaat untuk masyarakat serta bernilai ekonomi yang diperoleh dari pengembangannya, tingkat pemanfaatannya, pengelolaan jadi bahan obat yang siap dikonsumsi, pengemasan, dan aspek pengorganisasian kelembagaan swadaya masyarakat.

Baca Juga:
Ketua TP PKK Jabar Lantik Dr. Runisah Jadi Ketua TP PKK Kabupaten Indramayu

 

Baca Juga:
Belum Genap 6 Bulan, Ketua TP PKK Kabupaten Indramayu Mengundurkan Diri

Susi, selaku Pokja 2  bersama Ibu Kades Wanajaya

Seperti diutarakan Susi selaku Pokja 2 yang didampingi Ibu Kepala Desa Wanajaya bersama tim juri lainnya yang hadir mengatakan, "Dasawisma PKK adalah kelompok ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga (KK) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Sedangkan, kelompok Dasawisma PKK adalah kelompok yang terdiri dari 10 hingga 20 kepala keluarga (KK) dalam satu RT dan dipilih ketuannya. Kegiatanya meliputi penanaman obat keluarga, pencegahan penyakit, bank sampah, UP2KS/kerajinan tangan yang bisa bernilai ekonomi, tuturnya ketika ditemui BeritaTrans.com di lokasi saat meninjau Dawis Cendana di 5 lokasi, Sabtu (10/12/2022).

Suyono Aribowo, Ketua RW 014

 

Rujito, Ketua RT 002/RW14

 

Hal yang sama diungkapkan oleh Suyono Aribowo sebagai Ketua RW 014 dan Rujito Ketua RT 002/14, Desa Wanajaya, "Kita memberikan apresiasi kepada peserta Dawis dan semua pihak atas kegiatan ini, semoga kegiatan tersebut tidak hanya dalam perlombaan saja namun terus berlanjut untuk berkreasi dan menjaga kebersihan, keindahan lingkungan dengan bersama-sama," harapnya.

Sementara itu Helfis Nawati selaku Ketua Dawis Cendana RT002/14, mengungkapkan, "Kegiatan Dawis ini melibatkan ibu-ibu rumah tangga dengan menanam tanaman obat seperti Jahe, Sirih, Kumis Kucing dan lainnya juga mengumpulkan sampah seperti botol, kardus, dan lainnya yang bernilai ekonomi serta tidak terpakai lagi lalu dikumpulkan untuk bisa dijual, uangnya kita masukan ke kas Dawis guna keperluan lainnya," jelasnya.

Di Dawis Cendana digelar tarian daerah dari remaja dan tampilan vocal grup kader PKK RT 002/14 menyanyikan Mars PKK saat menyambut Ibu Kades dan tim juri dari Desa Wanajaya. Berikut foto-foto kegiatan tersebut:

Dawis Cendana 2

Dawis Cendana 3

Dawis Cendana 4

Dawis Cendana 5.(ahmad)