Penumpang KRL Masa Nataru Diprediksi Meningkat pada Hari Libur, Ini Kesiapan KCI

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 21/Des/2022 12:50 WIB
Foro:Istimewa Foro:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter sebagai operator KRL Commuterline memprediksi ada peningkatan penumpang pada saat hari libur di masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Menyambut Angkutan Nataru yang dinyatakan mulai 22 Desember 2022 - 8 Januari 2023, KAI Commuter lakukan persiapan-persiapan di berbagai aspek untuk kelancaran dan kesuksesan masa angkutan tahun ini. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Kami memprediksi ada peningkatan volume penumpang di hari libur, yang sebelumnya kami melayani di bawah 500 ribu, saat ini kami melihat bahwa pergerakan masyarakat di hari libur justru di atas 500 ribu, sehingga kami perlu mengantisipasi untuk masyarakat yang (penumpang) pertama sekali naik Commuterline atau pelanggan musiman yang biasanya memanfaatkan waktu-waktu liburan untuk mengunakan commuterline," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Stasiun BNI City, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

KAI Commuter siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia. KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna sebesar 49% dibanding tahun lalu. Sebanyak 12,3 juta lebih orang yang akan menggunakan commuterline Jabodetabek.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Anne juga mengatakan pada saat masa Nataru, KRL tetap beroperasi normal dengan 1.081 perjalan per hari dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB.

"Sampai saat ini untuk operasional commuterline khususnya di malam tahun baru kami ingatkan, belum ada penambahan jam operasional maupun frekuensi perjalanan," ujar Anne.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Pemberangkatan commuterline terakhir masing-masing lintas diantaranya; Lintas Jakarta-Bogor pada pukul 23.45 WIB, sedangkan untuk Bogor-Jakarta pada pukul 22.45 WIB. 

Lintas Cikarang-Angke (Via Manggarai) pada pukul 22.15 WIB, Cikarang-Jakartakota (Via Pasar Senen) pukul 22.24 WIB., sedangkan Kampung Bandan-Cikarang (Via Manggarai) pada pukul 23.22 WIB. 

Lintas Tanah Abang-Parung Panjang pada pukul 23.40 WIB., sebaliknya untuk Rangkas Bitung-Tanah Abang pukul 21.59 WIB., dan Parung Panjang-Tanah Abang pukul 22.30 WIB. 

Untuk Lintas Tangerang-Duri pada pukul 22.10 WIB dan sebaliknya Duri-Tangerang pukul 23.48 WIB.

Dari segi pelayanan dan pengamanan, KAI Commuter akan menugaskan sebanyak 2.974 orang Passanger Service (PS) yang siap membantu pelayanan di stasiun, sedangkan untuk pengamanan, 4000 orang petugas yang terdiri dari personil internal, security dan TNI/Polri juga siap memberikan pelayanan pengamanan kepada penumpang.

Anne juga mengimbau kepada penumpang untuk dapat mengakses informasi resmi tantang kondisi terkini di dalam operasional KRL baik di stasiun maupun di saat perjalanan. Hal itu guna memudahkan penumpang untuk mendapatkan informasi yang akurat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengupdate informasi lewat platform media informasi kami baik nanti lewat media atau pun lewat sosial media @commuterline dan KRL Access," sebut Anne.

Juga untuk pembelian tiket dapat dilakukan dengan transaksi non tunai, transaksi pembayaran dengan uang elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank ataupun dengan tiket QR.

KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak berpergian menggunakan commuterline utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Serta tetap meamtuhi protokol kesehatan. (Fhm)