Pemkot Langsa ke Kemenhub Minta Pelabuhan Kuala Langsa Diaktifkan untuk Ekspor dan Impor

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 14/Janu/2023 09:26 WIB
Pelabuhan Kuala Langsa. (Foto:Dishub Aceh) Pelabuhan Kuala Langsa. (Foto:Dishub Aceh)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pj Wali Kota Langsa, Said Mahdum Majid melakukan pertemuan dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta, terkait pengaktifan kembali Pelabuhan Kuala Langsa, Rabu (11/1/2023).

Ikut hadir Kadis Perhubungan Kota Langsa Bambang Suriansyah dan Kadis Perindagkop dan UMKM, Mahlil, Kadis Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Banta Ahmad.

Pj Wali Kota Said Mahdum, di hadapan Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri dan Direktur Angkutan Jalan Kemenhub yang menerima kedatangan rombongan dari Langsa menyampaikan pemerintah setempat sangat mengharapkan pengaktifan Pelabuhan Kuala Langsa.

Sehingga salah satu pelabuhan tertua di Aceh yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda tersebut itu dapat segera difungsikan untuk kegiatan ekspor impor guna meningkatkan perekonomian di Kota Langsa.

"Kami sangat berharap kepada Kementerian Perhubungan regulasi ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa ini bisa selesai secepatnya, agar kegiatan ekspor dan impor di pelabuhan segera bisa dilakukan,” katanya.

Said Mahdum juga menjelaskan kepada pihak Kemenhub RI bahwa Kota Langsa adalah salah satu kota di Provinsi Aceh berada dekat dengan Sumut, telah cukup lama memiliki pelabuhan.

Sehingga Kota Langsa sudah selayaknya mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat untuk pengaktifan kembali Pelabuhan Kuala Langsa tersebut.

Letaknya Pelabuhan Kuala Langsa ini sangat strategis berada diantara Selat Malaka, sehingga secara ekonomi maupun jasa transportasi jalur laut sangat mendukung.

"Selama ini masyarakat Aceh banyak yang bepergian ke Malaysia, jika Pelabuhan Kuala Langsa bisa diaktifkan, maka masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Malaysia melalui Batam Provinsi Riau," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota juga meminta dukungan dari Direktur Angkutan Darat Kemenhub supaya dapat memberi bantuan bus sekolah bagi anak-anak di daerah pedesaan di Kota Langsa.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Langsa, Bambang Suriansyah, menjelaskan, dalam pertemuan dengan Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri dan Direktur Angkutan Jalan Kemenhub membicarakan terkait pengaktifan Pelabuhan Kuala Langsa.

Pemko Langsa pada intinya sangat berharap kepada Pemerintah Pusat melalui Kemenhub bisa segera menerbitkan berbagai regulasi dan hal-hal lainnya guna pengaktifan kembali Pelabuhan Kuala Langsa.(fhm)