Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi, Poltektrans SDP Palembang Gelar Business Luncheon

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 08/Apr/2023 08:57 WIB
Budines Launchion Poltektrans SDP Palembang Budines Launchion Poltektrans SDP Palembang

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tingkatkan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antarinstansi dengan stakeholder Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (SDP) Palembang menggelar Business Luncheon.

Tema yang diangkat "Sinergi Kerja Sama Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul", dibuka Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD) Nahdudin di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Dia menyampaikan, kegiatan Business Luncheon ini merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi dan bertukar informasi antara Poltektrans SDP Palembang dengan para stakeholder terkait transportasi serta potensi kerja sama.

"Forum seperti ini sangat efektif dan efisien untuk membangun network, tak hanya itu forum ini juga merupakan cerminan dari sinergi antara pemerintah dengan dunia industri atau stakeholder sektor transportasi," urainya.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Nahduddin menjelaskan, sinergi antara pemerintah dengan stakeholder terkait di sektor transportasi diperlukan untuk mewujudkan plug and play yaitu menyatukan antara kebutuhan dengan penyediaan sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi sesuai kebutuhan industri transportasi.

"Dengan semakin meningkatnya pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia, tentunya diperlukan SDM bidang transportasi andal dan kompeten yang dapat diwujudkan melalui pendidikan vokasi," tambahnya.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Menurutnya, model pendidikan vokasional, di mana penguasaan keahlian terapan menjadi fokus utama BPSDMP dalam membentuk SDM transportasi unggul dan berdaya saing global. 

"Tidak hanya bagaimana lulusan kita terserap di industri transportasi global, tetapi juga perguruan tinggi BPSDMP yang kurikulumnya berstandar global, kita lengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang juga berkelas internasional," ungkap dia

Saat ini BPSDMP telah memiliki Perguruan Tinggi lintas matra yang terdiri dari darat, laut, udara, dan perkeretaapian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua..

Seluruh Perguruan Tinggi ini merupakan refleksi dari kontribusi Kementerian Perhubungan melalui  BPSDMP dalam memenuhi kebutuhan SDM transportasi, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga untuk luar negeri.

"Berdasarkan PP Nomor 47 Tahun 2022 Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP merupakan non kedinasan, karena kita tidak hanya menyediakan SDM untuk sektor pemerintahan saja, namun juga untuk sektor industri atau swasta baik dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Poltektrans SDP Palembang sebagai Perguruan Tinggi wajib untuk menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan berperan dalam pengembangan SDM sebagai operator dan regulator khususnya di bidang transportasi SDP.

"Poltektrans SDP Palembang menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan berbasis vokasi, baik short course, penjenjangan, dan reguler dengan tiga pilihan progran studi yaitu Prodi Manajemen Transportasi Perairan Daratan, Prodi Kepelautan yaitu Permesinan Kapal dan Studi Nautika," tambahnya.

Dengan diselenggarakan kegiatan Business Luncheon yang diikuti perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan, Prusahaan Pelayaran, serta Gapasdap di wilayah Jabodetabek ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta Poltektrans SDP Palembang dalam peningkatan kompetensi SDM bidang transportasi sungai, danau, dan penyeberangan, serta diklat penunjang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), serta bidang maritim Certificate of Competency (COC) termasuk Certificate of Proficiency (COP). (omy)