Petakan Titik Rawan Laka, Satlantas Polres Jombang Imbau Pemudik Tingkatkan Kewaspadaan

  • Oleh : Bondan

Kamis, 13/Apr/2023 23:58 WIB
Ilustrasi. Foto: istimewa. Ilustrasi. Foto: istimewa.

JOMBANG (BeritaTrans.com) -- Para pemudik yang melintas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, perlu meningkatkan kewaspadaan. Sebab polisi merilis data soal titik rawan kecelakaan di wilayah Ini.

Polres Jombang mengungkapkan jika sedikitnya dua titik yang dianggap cukup rawan, sebagian besar berada di Jalan Nasional Gambiran, Kecamatan Mojoagung kemudian disusul Jalan Raya Glagahan, Kecamatan Perak.

Baca Juga:
Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas, Satlantas Polres Bogor Bentuk Komunitas Koplo Dalam Operasi Patuh Lodaya 2023

Dari dua lokasi itu telah terjadi belasan peristiwa kecelakaan yang melibatkan kendaraan pribadi, angkutan umum hingga angkutan muatan, terhitung sejak awal tahun ini atau Januari hingga April 2023. Kemudian menewaskan satu orang dan belasan lainnya mengalami luka ringan.

“Sejak awal tahun hingga bulan ini sudah terjadi 13 kecelakaan yang melibatkan kendaraan motor, mobil angkutan umum dan barang. Di Gambiran Mojoagung terdapat 7 kejadian, korban meninggal dunia 1 orang dan luka ringan 8 orang.” ungkapnya.

Baca Juga:
Satlantas Polres Bogor Berikan Pelayanan Perpanjang SIM Gratis di HUT ke-77 Bhayangkara

Sisanya di Glagahan Perak, 6 kejadian, korban luka ringan sebanyak 7 orang,” terang Ipda Anang Setiyanto, Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Kamis (13/4/2023).

Polisi  menghimbau masyarakat supaya tidak mudik menggunakan sepeda motor sebab kendaraan jenis ini memiliki potensi kecelakaan yang tinggi di jalan.

Baca Juga:
Polres Metro Bekasi Kota Rutin Bimbel Ujian Praktik SIM, Semua Boleh Ikutan dan Gratis

Ia menyarankan masyarakat mudik menggunakan roda empat, kendaraan umum, seperti pesawat, bus ataupun kereta api. Selain lebih aman, kenyamanannya juga terjamin.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Jombang, Ipda Eko Prabasta juga meminta masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang akan disiapkan pemerintah hingga perusahaan swasta.

Sehingga mengurangi kepadatan kendaraan di jalur mudik.

“Kalau mudik menggunakan motor menambah resiko kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara. Selain itu, saat inikan cuaca kadang cerah kadang hujan alangkah baiknya untuk menggunakan roda empat jika tidak ada bisa menggunakan kendaraan umum.” terangnya.

Untuk keamanan diri sebelum berkendara jarak jauh tidak kalah pentingnya. Seperti pemeriksaan kesehatan sebelum mudik, mengecek kondisi kendaraan dan kelengkapan surat-surat. (Dan)