H-5 Idul Fitri Tahun 2023, Penumpang Naik Turun di Pelabuhan Batam Naik 33,27% Dibandingkan 2022

  • Oleh : Naomy

Selasa, 18/Apr/2023 10:14 WIB
Suasana di Pelabuhan Batam Suasana di Pelabuhan Batam

BATAM (BeritaTrans.com) - Berdasarkan data yang diterima dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Batam 17 April 2023 Pkl.23.59, total penumpang sampai H-5 sejumlah 109.135 orang, jika dibandingkan dengan tahun 2022 dengan periode sama mengalami kenaikan 33,27%.

“Dari total 109.135 penumpang terdapat 47.827 orang turun dan 61.308 orang naik,” ujar Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Moh. Arief, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga:
Menhub Bahas Penataan Pelabuhan dan Penegakan Aturan Penggunaan Sistem Identifikasi Kapal Otomatis di Batam

Menurutnya, berdasarkan evaluasi, ada pontensi peningkatan penumpang pada H-3 sampai dengan H+1 dengan tujuan Dabo Singkep. 

Untuk itu akan disiapkan mitigasi untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut.

Baca Juga:
Batam Bakal Punya Pelabuhan Baru, Lebih Besar Dari Tanjung Priok

“Adapun mitigasi yang dilakukan oleh KSOP Khusus Batam untuk antisipasi lonjakan penumpang pada tujuan tersebut dengan melakukan penambahan armada kapal bendera Indonesia yang melayani pelayaran dalam negeri sebanyak satu unit dan satu unit kapal bendera Indonesia yang melayani pelayaran luar negeri Batam-Stulang Laut,” urai Arief.

Dia menambahkan, untuk kapal bendera Indonesia yang melayani pelayaran luar negeri bersifat situasional yang kemungkinan dilakukan pengoperasian bersifat sementara per perjalanan.

Baca Juga:
Begini Aksi KSOP Genjot Pelabuhan Bebas Batam Tetap Unggul Dalam Kompetisi di Tengah Pandemi Covid19

Sementara itu Kepala KSOP Khusus Batam M. Takwim Masuku mengatakan KSOP Batam siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk memperlancar angkutan lebaran tahun 2023 ini. 

Seluruh personel dan armada disiapkan secara maksimal agar masyarakat dapat mudik dengan aman dan nyaman.

“Seluruh personel di lapangan sudah kami siapkan untuk melayani masyarakat yang akan mudik, kesiapan armada sudah dipastikan juga agar masyarakat yang akan mudik dapat terangkut dan tidak terjadi penumpukan di pelabuhan,” imbuhnya.

Takwim menambahkan, KSOP Khusus Batam telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait guna memperlancar angkutan lebaran tahun 2023.

“Koordinasi dengan stakeholder sangat penting dan sudah kami lakukan, seperti dengan BMKG yang memberikan informasi cuaca. Jika memang cuaca buruk dan tidak memungkinkan tentu tidak akan diizinkan berlayar dikarenakan keselamatan merupakan hal yang wajib dan diutamakan,” pungkasnya. (omy)