Pesawat Makasar-Balikpapan Delay Karena AC Bermasalah, Lion Air Minta Maaf

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 20/Apr/2023 06:06 WIB
Pesawat Lion Air.(Ist) Pesawat Lion Air.(Ist)

MAROS (BeritaTrans.com) - Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh penumpang penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 WITA rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) yang terjadi pada Rabu (19/4/2023).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan keterlambatan penerbangan tersebut karena adanya kendala pada sistem pendingin udara atau AC di pesawat.

Baca Juga:
Penerbangan Sering Terjadi Delay, Begini Penjelasan Kemenhub

"Lion Air berkomitmen bahwa aspek keselamatan dan kenyamanan selalu menjadi fokus utama dalam setiap penerbangan," kata Danang dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Pada kejadian tersebut, pihak Lion Air ingin memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang adalah prioritas yang utama.

Baca Juga:
Kaca Kokpit Pecah jadi Alasan Pesawat Ternate-Jakarta Terlambat, Batik Air Sampaikan Maaf

Kronologi 

Pesawat yang dioperasikan adalah Boeing 737-800NG registrasi PK-LJQ.

Saat bersiap didorong mundur (push back), pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal, yang berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya.

Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara.

Dikatakan Danang, awak kabin yang bertugas memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandar udara sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

"Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air. Dalam hal ini, tahapan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan," ujar Danang.

Kemudian, zetelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap diterbangkan kembali.

"Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 WITA, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal," terang Danang. (fhm)