Pengamat Apresiasi Kebijakan Korlantas Terapkan One Way-Contra Flow saat Arus Mudik dan Balik

  • Oleh : Bondan

Minggu, 30/Apr/2023 15:01 WIB
Pakar Teknik Lalu Lintas dan Transportasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti. Pakar Teknik Lalu Lintas dan Transportasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti.

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas pada arus mudik lebaran 2023, yang terdiri dari One Way (satu arah), Contraflow (lawan arus) dan penerapan ganjil genap, Sabtu (29/4/2023).

Skema rekayasa lalu lintas yang diterapakan di ruas jalan tol untuk mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas dan bertujuan memperlancar arus lalu lintas.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Pakar Teknik Lalu Lintas dan Transportasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti mengatakan, arus mudik yang sudah direncanakan dan diupayakan pihak Korlantas Polri secara umum penanganannya sudah lebih baik.

“Terkait dengan arus mudik yang sudah direncanakan dan diupayakan oleh pihak Korlantas Polri yakni kita bisa mendapatkan informasi ataupun data ini dari tayangan yang ada di stasiun televisi, terkait dengan pantauan arus mudik secara umum penanganan arus mudik ini lebih baik” ujar Pakar Teknik Lalu Lintas dan Transportasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti dalam keterangannya, Minggu (30/4/2023).

Baca Juga:
Kakorlantas Polri: Selama Angleb, Kecelakaan Lalin Turun 8%

Tentunya dengan kolaborasi dan kerjasama dibutuhkan untuk menyukseskan skema rekayasa lalu lintas.

“Ada koordinasi yang bagus antara berbagai stakeholder yaitu dari pihak Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Pengelola jalan tol, dan tentunya juga masyarakat luas ya yang ikut membantu kesuksesan arus mudik ini,” tambah Pakar Teknik Lalu Lintas dan Transportasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga:
Diskon Tarif Jalan Tol 20 Persen Arus Balik Berlaku hingga 19 April 2024

Selain di ruas jalan tol, Pengamat Transportasi Darmaningtyas menyampaikan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan dalam penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran tahun ini relatif lancar.

“Kalau tahun lalu ada antrian di Merak tahun ini tidak ada yang banyak antrian, sedangkan untuk lalu lintas di tol Trans Jawa saya kira relatif lancar,” ungkap Pengamat Transportasi Darmaningtyas.

Salah satu pengendara bernama Moh Arif dari Serang yang akan melakulan perjalanan mudik menuju Lamongan – Jawa Timur mengapresiasi petugas Kepolisian yang sudah menerapkan skema rekayasa lalu lintas di mudik lebaran tahun 2023.

“Kepolisian semua itu baik, kalau dulu-dulu kan itu macet total baru ada, tapi kalau sekarang jauh-jauh hari sebelum ada perjalanan ke kampung sudah dibuat contraflow itu yang saya salut sama Polisi sekarang ini,” kata pemudik Moh Arif. (Dan)