KSOP Teluk Palu Terjunkan Kapal Perintis, Fasilitasi Keberangkatan Calon Jemaah Haji Asal Tolitoli

  • Oleh : Naomy

Rabu, 14/Jun/2023 10:48 WIB
Jemaah Haji asal Toli-toli Jemaah Haji asal Toli-toli

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui  KSOP Kelas II Teluk Palu  memfasilitasi keberangkatan calon jemaah haji asal Tolitoli, Sulawesi Tengah embarkasi Balikpapan.

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Pihak KSOP Teluk Palu menerjunkan kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 89 untuk mengangkut sebanyak 339 orang jemaah calon haji  menuju ke pelabuhan Teluk Palu.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting mengungkapkan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut permintaan dari Bupati Tolitoli Amran H. Yahya yang meminta dukungan kapal perintis untuk memfasilitasi keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Tolitoli menuju pelabuhan Teluk Palu.

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

UPT Ditjen Hubla dalam hal ini KSOP Kelas IV Tolitoli ikut ambil andil dalam persiapan mulai dari perencanaan keberangkatan, survei lapangan, berkoordinasi dengan KSOP Teluk Palu, sampai pada hari H pengawasan keberangkatan Jemaah Haji.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terkait kegiatan tersebut telah memfasilitasi sebanyak 339 orang jemaah calon haji dan 10 orang pendamping dari pemerintah daerah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli yang berangkat menuju ke pelabuhan Teluk Palu dengan menggunakan kapal perintis," kata Capt. Hendri.

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Dia mengungkapkan, salah satu alasan penggunaan transportasi laut untuk mengangkut calon jemaah haji  tersebut adalah agar jarak tempuh tidak terlalu lama dibanding jalur darat, dengan pertimbangan sebagian besar jemaah telah lanjut usia.

"Kapal perintis yang mengangkut calon jemaah haji tersebut telah berangkat dari Pelabuhan Tolitoli 11 Juni 2023 dan tiba di Pelabuhan Teluk Palu pada 12 Juni 2023," tutur Capt. Hendri.

KM Sabuk Nusantara 89 telah dilengkapi fasilitas dan standar keamanan pelayaran serta beragam fasilitas lainnya seperti ruangan Full AC, Cafe, Tempat Tidur dan Tamu terdiri dari berbagai kelas 1, 2 hingga ekonomi. (omy)