Kakorlantas Berharap Pembangunan Groundbreaking Kantor PJR di Tol Kalikangkung Dapat Dirasakan Masyarakat

  • Oleh : Bondan

Kamis, 15/Jun/2023 22:04 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Kantor Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Semarang-Batang di Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. (Ist) Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Kantor Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Semarang-Batang di Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. (Ist)

SEMARANG (BeritaTrans.com) -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Kantor Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Semarang-Batang di Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/6/2023).

Nantinya, pengelola tol dalam hal ini Jasa Marga juga akan membangun Kantor Regional 2 PJR Tol Transjawa yang akan dibangun di Tol Solo-Yogyakarta.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Kakorlantas mengungkapkan bahwa pembangunan Kantor PJR ini diharapkan dapat dirasakan betul oleh masyarakat sebagai bentuk pelayanan bagi mereka yang melalui jalan tol tersebut. Hal itu juga dapat dilihat sebagai bentuk dukungan bagi program pemerintah di bidang infrastruktur

“Ke depan kita mendengar Trans Sumatera, Trans Jawa yang selama ini kita gunakan nanti ada Trans Kalimantan bahkan ada kaitannya dengan IKN (Ibu Kota Nusantara, kemudian Trans Sulawesi bahkan sampai ke Papua. Disana kita berharap (pembangunannya) akan semakin dirasakan kehadiran kita oleh masyarakat bagi pengguna jalan,” kata Kakorlantas Polri

Baca Juga:
Kakorlantas Polri: Selama Angleb, Kecelakaan Lalin Turun 8%

Selain itu, Kakorlantas menuturkan bahwa pembangunan Kantor PJR memiliki manfaat diantaranya efisiensi waktu dalam pelayanan masyarakat hingga penerimaan informasi di ruas-ruas jalan tol yang dilalui pengendara.

“Tentunya dengan kehadiran kita di ruas-ruas jalan tol ini efisiensi kita dengan sangat cepat kita bisa segera melayani masyarakat dengan kehadirannya,” tuturnya.

Baca Juga:
Evaluasi Arus Mudik, Pemerintah Kini Bersiap Lancarkan Arus Balik

“Dan sudah kita coba implementasikan sehingga Alhamdulillah menyelesaikan tugas pengamanan dua tahun lebaran ini. Nah tentunya akan kita tingkatkan lagi kerjasamanya dengan baik,” sambung dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano meyakini bahwa pihaknya jelas mendukung langkah kepolisian dalam hal ini Korlantas untuk membangun Kantor PJR sehingga pengambilan keputusan dalam rekayasa lalu lintas dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

“Kami dari Jasa Marga mendukung terkait rencana daripada pihak Korlantas untuk melakukan pembangunan kantor PJR. Tentunya diharapkan sinergitas kerjasama maupun juga keputusan-keputusan akurasi dalam hal pengambilan keputusan terkait rekayasa lalu lintas yang dilakukan itu bisa dilaksanakan lebih cepat,” ungkap Reza.

Adapun, kata Reza, pembangunan Kantor PJR mendukung terjadinya percepatan pertukaran data dalam realisasi traffic hingga penegakan hukum bagi pengguna jalan tol.

“Karena diperlukan pertukaran data-data realisasi traffic direalisasikan dengan baik oleh pihak kepolisan utnuk dapat membuat keputusan dalam melakukan rekayasa lalu lintas yang dilakukan,” tutur dia.

“Selain itu juga dalam hal penegakan hukum ini diharapkan aksesibilitasnya akan lebih mudah bagi pihak kepolisian dan juga bagi masyarakat yang memerlukan bantuan hukum ketika mereka melintas di jalan tol,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Kakorlantas antara lain, Dirut PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Juni, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Dirut Operasi PT Jasa Marga Fitri Wiyanti. (Dan)