Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Ditargetkan Dilewati Agustus 2023

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 20/Jun/2023 16:31 WIB
Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Dok. Kementerian PUPR) Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Dok. Kementerian PUPR)

BANYUASIN (BeritaTrans.com) - Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun ini akan digelar di kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel). Diperkirakan ada 10.000 peserta dari seluruh Indonesia bakal hadir dalam acara tersebut.

Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, menyiapkan wilayah serta kesiapan infrastruktur untuk acara tersebut agar dapat menampung peserta dari seluruh Indonesia. Termasuk jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal) Betung. Kendati ditargetkan rampung Agustus 2023 nanti, ruas tol dipastikan bisa difungsikan saat puncak Harganas nanti, terutama di ruas Pangkalan Balai-Musi Landas.

Baca Juga:
Arus Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sibanceh Meningkat Jelang Lebaran

"Insya Allah, tol Kapal Betung di Banyuasin bisa dilalui Harganas mendatang. Saya sudah mencobanya dan sebagian besar jalan siap untuk dilalui," ujar Askolani, Ahad (18/6/2023).

Usai melakukan pengecekan, hanya beberapa titik jalan saja yang masih dibangun. Secara keseluruhan, jalan tol Kapal Betung di wilayah Kabupaten Banyuasin sudah bisa difungsionalkan.

Baca Juga:
Tarif Tol Trans Sumatra Lampung-Aceh saat Mudik Lebaran 2024

"Tinggal lagi pihak Waskita Sriwijaya mempercepat pengerjaan exit tol, baik yang ada di Musi Landas maupun Pangkalan Balai. Saat ini, exit tol di dua lokasi masih diselesaikan," ucapnya.

Menurut Askolani, waktu tempuh dari Pangkalan Balai ke Musi Landas terbilang sangat singkat. Apalagi jika melalui Jalur Lintas Timur (Jalintim) yang harus ditempuh hingga satu jam bahkan lebih.

Baca Juga:
Jokowi Resmikan Dua Jalan Tol, Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh

"Artinya kalau melalui tol hanya sekitar 15 menit sampai 25 menit, tergantung kecepatan kendaraan. Sangat pas dalam momen Harganas nanti jika ingin difungsikan," katanya.

Beberapa ruas jalan tol terlihat sudah mulus dengan coran, dan ada beberapa titik jembatan yang sudah dibangun belum dilapisi aspal. Namun secara keseluruhan tol Kapal Betung dari Musi Landas ke Pangkalan Balai sudah siap untuk difungsikan.

"Kami akan memeriksa lagi untuk memastikan exit tol di dua lokasi ini bisa digunakan juga untuk pelaksanaan Harganas," jelas Askolani.

Sebagaimana diketahui, ruas jalan tol Kapal Betung yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Waskita Sriwijaya Tol dibangun dengan biaya investasi Rp22,16 triliun.

Jalan tol ini memiliki tujuh simpang susun (SS), yakni SS SP Padang, SS Jejawi, SS Kramasan, SS Gandus, SS Sungai Rengas, SS Pulau Rimo, SS Pangkalan Balai. Selain itu, jalan tol Kapal Betung melintasi empat wilayah yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Kabupaten Banyuasin, serta Kota Palembang.