Meriahkan Hari Pelaut Sedunia, 7 Kapal Latih Perguruan Tinggi Kemenhub Serentak Bunyikan Suling

  • Oleh : Naomy

Selasa, 27/Jun/2023 06:47 WIB
Kapal latih BPSDMP Kapal latih BPSDMP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), turut terlibat dalam peringatan Hari Pelaut Sedunia Tahun 2023 atau Day of Seafarer.

Peringatan ini merupakan momentum untuk mengapresiasi jasa para pelaut di seluruh dunia khususnya pelaut Indonesia.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Tandatangani Kerja Sama Pemanfaatan Kapal Latih BPSDMP untuk Angkutan Perintis

Turut memeriahkan Hari Pelaut Sedunia tahun 2023 sebanyak tujuh kapal latih milik Perguruan Tinggi Kemenhub yang berada di Surabaya, Jakarta, Sorong, Sabang, Bitung dan dua kapal latih di Makassar membunyikan suling serentak selama tiga menit.

Hal tersebut sebagai dukungan Perguruan Tinggi Kemenhub atas tema tahun ini yaitu "Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment". Dimana International Maritime Organization (IMO) melakukan campaign secara daring melalui media sosial dengan tagar campaign #HariPelautSedunia2023 #OceanWorthProtecting yang berarti lautan layak dilindungi, tema tersebut diusung oleh IMO dengan harapan para pelaut yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut dapat berkomitmen dalam berkontribusi melindungi dan melestarikan lingkungan laut.

Baca Juga:
Monitoring Angleb di 6 Simpul Transportasi, Kepala BPSDMP: Arus Mudik Kondusif

Selanjutnya, BPSDMP ajak Taruna/i di seluruh Perguruan Tinggi Kemenhub bidang Pelayaran untuk melaksanakan kegiatan Bersih Laut dan Pantai pada sekitar wilayah yang mencakup masing-masing Perguruan Tinggi.

Sekretaris BPSDMP Capt. Wisnu Handoko mengungkapkan, melalui peringatan Hari Pelaut Sedunia hendaknya dijadikan media bagi para Taruna/i di bidang pelayaran untuk saling bersinergi dan berkoordinasi dalam menjaga kelestarian laut.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi SDM Kehumasan di Belawan

"Tujuan giat Bersih Laut dan Pantai dilaksanakan untuk memperkuat sinergitas antartaruna/i untuk mengurangi pencemaran dan sampah di laut dan pantai Indonesia," ungkapnya, Senin (26/6/2023).

Selain itu, keikutsertaan taruna/i dalam peringatan Hari Pelaut Sedunia ini merupakan salah satu implementasi dari nilai-nilai Prestasi yaitu Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas. (omy)