Selesai Akhir 2023, Lewat Tol Ini Bikin Jarak Sigli-Banda Aceh Cuma 1 Jam

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 11/Jul/2023 10:47 WIB
Jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) beroperasi 2023 ini. (Dok: BPJT) Jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) beroperasi 2023 ini. (Dok: BPJT)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 5-6 akhirnya rampung. Jalan tol ini membentang sepanjang Blang Bintang-Baitussalam sepanjang 12,7 km.

Kementerian PUPR menyebutkan, jelang beroperasi resmi nanti, jalan tol ini sudah mulai bisa digunakan dan tanpa tarif alias gratis.

Baca Juga:
Arus Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sibanceh Meningkat Jelang Lebaran

"Uji Laik Fungsi juga sudah dilakukan pada Februari lalu untuk memastikan aspek keselamatan, manajemen lalu lintas, sarana jalan, dan bangunan pelengkap," demikian dikutip dari unggahan akun Twitter resmi Kementerian PUPR, Senin (10/7/2023).

Disebutkan, jalan tol ini merupakan salah satu ruas utama (backbone) jalan tol Trans-Sumatra. Dan, merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN)

Baca Juga:
Tarif Tol di Aceh saat Arus Mudik Lebaran, Ada 2 Ruas Masih Gratis Loh Gais...!

"Dengan jalan tol ini, waktu tempuh Sigli-Banda Aceh dapat dipersingkat dari 3 jam menjadi hanya 1 jam," tulis @/KemenPU.

Sebagai informasi, Tol Sibanceh sepanjang 74,2 kilometer terdiri atas enam seksi. Seksi 1, yakni ruas Padang Tiji-Seulimeum, Seksi 2 Seulimeum-Jantho, da Seksi 3 Jantho-Indrapuri.

Baca Juga:
Izin Lahan Tambahan untuk Jalan Tol Sibanceh Diperkirakan Selesai April 2024

Adapun Seksi 4 mencakup ruas Indrapuri-Blang Bintang, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro, dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam.

Pembangunan Tol Sibanceh dengan nilai investasi sebesar Rp 12,35 triliun ini dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor.

Nantinya, ruas ini akan terhubung dengan Tol Lhokseumawe-Sigli yang masih dalam tahap perencanaan oleh Kementerian PUPR dan PT Hutama Karya (Persero).

Untuk diketahui total investasi pembangunan ruas tol Sigli-Banda Aceh sebesar Rp12,35 triliun dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana, dan PT Virama Karya (Persero) sebagai konsultan PMI.

Diharapkan dengan adanya pembangunan tol ini bisa menimbulkan pemerataan ekonomi, hingga mempercepat aksesibilitas dari Aceh ke Sigli.

Proyek tol Sibanceh kini tinggal merampungkan Seksi 1 yang pekerjaan fisiknya sudah mencapai 63 persen. Setelah menyelesaikan pembangunan konstruksi pada seksi 5 dan 6. Di mana nantinya segmen ini akan tersambung dengan seksi 2, 3, 4 yang sudah lebih dulu beroperasi.

"Kami yakin target Tol Sibanceh tersambung penuh akhir tahun ini akan tercapai," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Helson Siagian dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (14/6/2023).