Kepala BPSDMP Pimpin Upacara Pelepasan dan Penutupan Diklat 350 Pelaut PIP Makassar

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 14/Jul/2023 07:51 WIB
Lulusan PIP Makassar usai dilantik Lulusan PIP Makassar usai dilantik

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono memimpin Upacara Pelepasan dan Penutupan Diklat Perwira Transportasi Laut Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Kamis (13/7/2023).

Menurutnya, para pelaut, yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut diharapkan bisa menjadi agen perubahan dalam melindungi dan melestarikan ekosistem laut. 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Kelestarian lingkungan laut saat ini menjadi perhatian dari International Maritime Organization (IMO), hal ini dituangkan dalam kampanye terkait kontribusi pelaut dalam menjaga lingkungan laut sesuai dengan aturan Marpol.

"Di sinilah peran saudara sebagai perwira transportasi laut untuk mengoptimalkan pengoperasian sebuah kapal untuk memastikan pencegahan pencemaran sebagai kontribusi nyata menjaga lingkungan laut," ungkap Djoko.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Selain menjaga kelestarian lingkungan laut, dia juga mengajak para Perwira Transportasi Laut untuk berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia, di mana pascapandemi Covid 19, Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5%.

"Pertumbuhan ekonomi ini artinya apa, salah satu indikatornya adalah ekspor kita lebih besar dari impor kita, ekspor impor ditentukan salah satunya melalui transportasi laut, untuk itulah maka saya berharap saudara semuanya berkontribusi langsung dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, untuk bisa menjadi negara maju kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi di atas 7%, untuk itu tanpa kerja keras kita tidak mungkin bisa menjadi negara maju yg kita harapkan bisa terjadi tahun 2040," urainya.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Diingatkannya, ke depan tuntutan kualitas kompetensi dan keunggulan daya saing merupakan kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global yang semakin ketat.

“Untuk itu, butuh kemampuan beradaptasi dan meningkatkan kemampuan diri terhadap perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pelayaran yang berkembang sangat pesat," pesannya.

Djoko mengucapkan selamat bagi para lulusan dan keluarga atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno dalam laporannya menyampaikan Upacara Pelepasan dan Penutupan diklat Perwira Transportasi Laut dengan tema “Empowering Seafarer’s Contribution In Shipping Industry To Protecting Marine Environment" kali ini diikuti sebanyak 350 orang dari lulusan Diklat Ahli Nautika Tingkat I s.d V dan Diklat Ahli Teknika Tingkat I s.d V. (omy)