1 Agustus Lion Air Terbang Perdana Jemaah Umrah dari Semarang ke Madinah

  • Oleh : Naomy

Senin, 24/Jul/2023 08:11 WIB
Penerbangan Lion Air (dok) Penerbangan Lion Air (dok)


SEMARANG (BeritaTrans.com) - Lion Air pada 1 Agustus 2023 meluncurkan penerbangan umroh pertama periode 1445 Hijriah dengan rute baru dari Semarang ke Madinah, Arab Saudi.

Keberangkatan perdana ini melalui kerja sama dengan mitra Dream Aviation, Mama Tour and Travel serta agen perjalanan lainnya.

Baca Juga:
Mengulik Menariknya Profesi Teknisi Pesawat Udara

Menurut Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala, penerbangan perdana ini menandai Lion Air  menawarkan lebih baik bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perjalanan umrah dan wisata  yang semakin meningkat dari wilayah tersebut.

"Rute penerbangan Semarang - Madinah ini akan dioperasikan secara langsung dengan menggunakan pesawat modern Lion Air yaitu Boeing 737-9, yang menawarkan kenyamanan dan keamanan terbaik bagi penumpang," tutur Danang akhir pekan.

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Keuntungan Rute Semarang – Saudi menurutnya, menyambut tren generasi yang semakin mandiri dan berkembang pesat, semakin banyak kalangan muda mudi dari wilayah Semarang yang mengakui pentingnya menjalankan ibadah sambil mengeksplorasi dunia sebagai bagian dari lifestyle mereka. 

Kalangan milenial merespons positif secara aktif mencari kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan.

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

"Jamaah umrah dan wisatawan dari Jawa Tengah dan sekitarnya akan memiliki pilihan penerbangan yang lebih mudah dan nyaman menuju kota suci Madinah. Tidak perlu lagi melakukan transit atau berganti pesawat di kota lain di Indonesia, sehingga perjalanan menjadi lebih lancar dan cepat," urainya.

Penawaran terbaik biaya umrah, mulai dari Rp15,3 juta untuk program sembilan hari dari Mama Tour and Travel. 

Jamaah umrah dan wisatawan bisa menghemat biaya perjalanan karena tidak perlu membayar biaya tambahan untuk tiket penerbangan lanjutan.

Selain itu juga meningkatkan konektivitas antara Jawa Tengah dan wilayah di sekitarnya dengan Saudi. Hal ini akan mendukung pertumbuhan perekonomian serta membuka peluang untuk kerja sama bisnis dan perdagangan antarkedua wilayah.

Aktivitas beragam antara lain berkuda di Pusat Equestrian Al Jazeera, bahari (perjalanan perahu dan menyelam) di Jeddah, menjelajahi desa Muftaha, Al Souda, sebuah taman pegunungan, Danau Waduk Abha serta desa bersejarah Rijal Al Maa di Abha, menikmati panorama Pegunungan Al Hada termasuk mengunjungi "Kota Mawar". Wisata alam lainnya, tersedia opsi terbaik yaitu naik kereta gantung dari Al Hada, keunggulannya bisa melihat pegunungan yang megah dari ketinggian.

"Lion Air sangat antusias memperkenalkan rute baru ini. Penerbangan perdana Semarang - Madinah menjadi bukti komitmen Lion Air dalam mendukung sektor pariwisata sesuai kampanye semarak musim panas (rethink summer) Saudi guna mengakomodir kebutuhan perjalanan umrah dari Indonesia," ujar Danang.

Lion Air melakukan kemitraan strategis bersama Saudi Tourism Authority dalam "Rethink Summer".

Sebagai akibat dari kunjungan jamaah umrah dan wisatawan melalui Semarang, berharap ekonomi daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya juga akan mengalami pertumbuhan. 

Pengeluaran wisatawan untuk akomodasi, makanan, oleh-oleh dan berbagai layanan lainnya akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal.

"Lion Air mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia, Saudi Tourism Authority, pengelola bandar udara di Saudia, pengelola bandar udara PT Angkasa Pura I Cabang Semarang, pengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia dan di Saudia, mitra ground handling, mitra tour and travel, serta pihak-pihak lain yang telah memberikan dukungan dalam mendukung operasional guna mempermudah persiapan perjalanan umrah dan perjalanan wisata bagi jamaah umrah dan wisatawan," pungkasnya. (omy)