Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

  • Oleh : Naomy

Selasa, 12/Mar/2024 10:12 WIB
Pesawat Lion Air (dok) Pesawat Lion Air (dok)

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pesawat Lion Air berputar-putar di langit Binjai, Sumatera Utara ramai di Media Sosial.

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Setelah ditelusuri, 
Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air membenarkannya dan menyampaikan beberapa hal penyebab peristiwa itu. 

Menurutnya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 dari Surabaya menuju Jeddah melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu. 

Baca Juga:
Batik Air Layani Rute Surabaya-Pangkalan Bun Mulai 16 Februari

"Hal ini dilakukan karena adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di sana," jelas Danang, Senin (11/3/2024). 

Pengalihan pendaratan ke bandara alternatif, merupakan prosedur standar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta

"Pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif ini bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat," ungkapnya. 

Sebelum mendarat, disebutkan dia, pesawat melakukan holding (terbang mengelilingi/berputar-putar) di udara untuk beberapa waktu, dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar. 

Hal ini adalah langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat (berat pesawat saat melakukan pendaratan).

Setelah mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah wilayah udara di Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani (dilalui rute penerbangan).

"Penerbangan Lion Air telah kembali melanjutkan perjalanannya pada hari yang sama," kata Danang. 

Pesawat tersebut sudah lepas landas dari Kualanamu dan terbang menuju Jeddah.

Seluruh prosedur yang diambil ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat. (omy)