Mantap, Tenaga Kesehatan Akan Ditempatkan di Kapal Tol Laut Perintis

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 29/Jul/2023 10:30 WIB
Salah satu penumpang kapal tol laut perintis bersama bayi dan peotugas kesehatan Salah satu penumpang kapal tol laut perintis bersama bayi dan peotugas kesehatan


GORONTALO (BeritaTrans.com) – Mantap, guna meningkatkan sekaligus memudahkan pelayanan kesehatan kepada penumpang kapal yang melakukan perjalanan melalui jalur laut, Kantor KSOP Kelas III Gorontalo bersama Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo akan menempatkan Tenaga Kesehatan di sembilan kapal Tol Laut Perintis.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting menyampaikannya hari ini (29/7/2023).

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Menurutnya, penempatan tenaga kesehatan di kapal merupakan tindak lanjut amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran di mana dalam pasal 152 disebutkan bahwa kapal yang mengangkut penumpang wajib menyediakan fasilitas kesehatan bagi penumpang.

“Adapun fasilitas kesehatan sebagaimana dimaksud meliputi ruang pengobatan atau perawatan, peralatan medis dan ketersediaan obat-obatan dan tenaga medis,” ujarnya. 

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bersama instansi terkait di Gorontalo menyatakan siap mendukung program ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kami sangat menyambut baik kerjasama ini karena program layanan kesehatan di kapal merupakan program yang ditunggu di semua daerah karena akan mempermudah penumpang kapal atau masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Capt. Hendri menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang siap untuk menempatkan tenaga kesehatan dan kebutuhan obat-obatan di kapal Tol Laut Perintis.

Dalam waktu dekat penempatan tenaga kesehatan pada kapal kapal perintis atau kapal Tol Laut Perintis ini akan diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dan KSOP Kelas III Gorontalo. (omy)