Mantap, Jumlah Penumpang Kapal Pelni Lampaui Target Semester 1/2023

  • Oleh : Naomy

Rabu, 02/Agu/2023 16:27 WIB
Dirut Pelni (tengah) didampingi jajaran direksi Dirut Pelni (tengah) didampingi jajaran direksi


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mantap, catatkan kinerja positif, penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni pada semester 1-2023 melampaui target maupun periode yang sama di tahun lalu. 

"Sepanjang Semester 1-2023, kapal Pelni mengangkut 2,6 Juta orang atau 115 persen di atas target," jelas Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani di Jakarta, Rabu (2/8/2023). 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Jumlah tersebut juga 137 persen dari realisasi penumpang untuk periode yang sama di tahun 2022. Angka di atas terdiri dari 2,2 Juta orang untuk kapal penumpang dan 450 ribu orang untuk kapal perintis. 

Pelni yakin peningkatan perjalanan domestik dipengaruhi oleh keputusan pemerintah yang mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi pada Juni lalu. 

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Pelni menurut Anda, Biasanya melihat tren dari penumpang itu setelah satu bulan setelah lebaran itu menurun tetapi ini terus meningkat. 

"Ini sangat bagus dan kami terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi penumpang," ujarnya.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taupik meyakini perubahan status Covid-19 menjadi endemi berdampak positif bagi Pelni.

"Dengan ditiadakannya pembatasan perjalanan, masyarakat semakin percaya diri untuk melakukan perjalanan. Kami berharap situasi ini dapat bertahan seterusnya sehingga perekonomian nasional dapat pulih dan meningkat seiring aktivitas sosial ekonomi yang berangsur normal," ujar Opik. 

Pelni memiliki 26 kapal penumpang dan mengoperasikan 41 trayek kapal perintis. 

Musim mudik lebaran dan liburan sekolah pada April - Juni 2023 sendiri tercatat memberikan kontribusi perjalanan tertinggi dari bulan-bulan sebelumnya. 

Bila pada Januari hingga Maret jumlah penumpang berada di bawah angka 60 ribu orang, memasuki periode mudik Lebaran angka penumpang kapal Pelni melonjak hingga 99.449 orang dan disusul pada Mei (84.143) dan Juni (89.476).

"Selama periode peak season seperti musim mudik dan libur sekolah, pemerintah memberikan dispensasi kepeda kapal Pelni untuk mengangkut penumpang dengan batas tertentu di atas kapasitas kapal. Tentu kebijakan ini diberikan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan pelayaran," kata Anda. 

Seluruh kapal Pelni telah menjalani pemeriksaan kelaikan alat-alat keselamatan dengan jumlah yang memadai.

Kapal-kapal Pelni memiliki 350 sekoci, 2.291 liferaft, 88.709 life jacket, dan 1.083 life buoy.

Seluruh alat keselamatan ini rutin menjalani inspeksi dan perawatan sehingga selalu siap untuk dipergunakan. 

Dari 26 kapal penumpang PELNI, terdapat tiga kapal yang tercatat sangat sibuk melayani penumpang karena tingginya antusias masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan kapal laut. 

Tiga kapal Pelni dengan jumlah penumpang tertinggi selama Semester 1-2023 adalah KM Labobar dengan jumlah penumpang 56.282 orang, disusul KM Dorolonda (55.705) dan KM Bukit Siguntang (48.788). Ketiganya merupakan kapal penumpang dengan kapasitas 2000 pax.

Meski memiliki ukuran yang sama, KM Labobar sendiri mendapatkan modifikasi tambahan tempat tidur (double decker) hingga mampu menampung 3.000 pax atau penumpang.

Ketigas kapal di atas sendiri melayani ruas regular di wilayah timur Indonesia. Untuk KM Dorolonda melayani rute Jakarta - Surabaya - Makassar - Bau Bau - Namlea - Ambon - Ternate - Bitung (PP). 

Rute KM Labobar antara lain Surabaya - Makassar - Bau Bau - Namlea - Ambon - Sorong - Manokwari - Nabire - Serui - Jayapura (PP) dan untuk rute KM Bukit Siguntang adalah Makassar - Pare Pare - Balikpapan - Tarakan - Nunukan (PP). (omy)