Trafik di Bandara InJourney Grup Terus Meningkat

  • Oleh : Naomy

Senin, 07/Agu/2023 13:43 WIB
Penumpang di bandara InJourney Grup Penumpang di bandara InJourney Grup

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perkembangan trafik di bandara InJourney Group yakni PT Angkasa Pura I dan II secara umum terus meningkat dibanding sebelumnya. 

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, jumlah penumpang selama April-Juni 2023 mencapai 30,8 juta, dengan rute domestik tumbuh 13,4% (yoy) dan untuk rute internasional tumbuh 137,8% (yoy).

Baca Juga:
Top, Bandara Radin Inten II Raih Sertifikat Penerapan Standar Minimum Pengamanan Pengelola Objek Vital & Transportasi

Secara kumulatif dari Januari hingga Juni 2023, jumlah trafik penumpang yang menggunakan bandara InJourney mencapai 71,4 juta, atau tumbuh 40,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Secara bulanan (Juni 2023 terhadap Mei 2023), jumlah penumpang domestik turun 4,5% dan rute internasional turun 5,3%.

Baca Juga:
InJourney Airports Sambut Positif Penetapan Baru Bandara Internasional

Adapun jumlah trafik penerbangan pada periode April hingga Juni 2023 mencapai 296,8 ribu pergerakan. 

"Secara kumulatif dari Januari hingga Juni 2023, jumlah trafik pesawat mencapai 569,9 ribu, meningkat 17,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," tutur Dony di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 35,3 Juta Pergerakan Penumpang Selama Triwulan I

Selanjutnya di sisi pariwisata, pada jasa Heritage Park seperti Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko terealisasi sebanyak 1,9 juta wisatawan, terdiri dari wisatawan domestik 1,8 juta dan sebanyak 109.547 wisatawan mancanegara. 

Keduanya mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

"Peningkatan yang signifikan diperoleh oleh jumlah wisatawan mancanegara yaitu 666,3%," katanya.

Dia bilang, performa positif ini tidak lepas dari kolaborasi dan inisiatif yang dilakukan oleh InJourney Group untuk percepatan pemulihan sektor pariwisata. 

Hingga Triwulan II tahun 2023 ini beberapa event nasional maupun internasional telah terselenggara di beberapa destinasi pariwisata InJourney Group. 

Beberapa di antaranya adalah InJourney Street Festival di Kawasan Kota Lama Semarang, F1 Powerboat di Danau Toba, WSBK Mandalika 2023, Festival Purnama (peringatan Waisak) di Candi Borobudur, Joyland Festival Bali di Nusa Dua, Shell Eco Marathon di Mandalika, Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) di Nusa Dua Bali, program-program penunjang libur nasional dan sebagainya," ungkap Dony. 

Pada Triwulan III ini, InJourney tengah menyiapkan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang rencananya akan diluncurkan pada akhir Agustus ini. 

Dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan trafik wisatawan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), InJourney Group juga sedang bersiap-siap untuk menyelenggarakan ajang balap internasional Asian Road Race Championship dan MotoGP yang digelar berturut-turut pada bulan Agustus dan Oktober di The Mandalika.

Selain itu, melanjutkan kesuksesan ajang F1 Powerboat bulan Februari lalu, InJourney Group juga sedang bersiap untuk penyelenggaraan balap jetski Aquabike World Championship yang rencananya akan digelar November di Danau Toba. (omy)