PUPR: Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cibolang Sudah 86 Persen

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 09/Agu/2023 08:28 WIB
Foto udara Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 4 Agustus 2023. (Foto: BPJT Kementerian PUPR) Foto udara Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 4 Agustus 2023. (Foto: BPJT Kementerian PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan progres pembebasan lahan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (Cibolang, Kecamatan Cisaat) mencapai 86 persen.

"Jadi sebetulnya kita punya banyak ruang untuk kerja karena tanahnya sudah 86 persen," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dikutip dari tempo.co pada Minggu, 6 Agustus 2023. "Mudah-mudahan di akhir 2024 bisa kita selesaikan sampai Sukabumi Barat."

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Tol Bocimi memiliki panjang 54 kilometer. Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,35 kilometer) beroperasi Desember 2018. Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 kilometer). Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 kilometer). Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 kilometer).

Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat, 4 Agustus 2023. Sementara Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur dalam proses pembebasan lahan.

Baca Juga:
Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang Rampung Juni 2024

Meski begitu, lanjut Endra, pembangunan Tol Bocimi Seksi 3 belum dilakukan. Hal ini masih menunggu pembicaraan dengan kementerian terkait lainnya. "Seksi 3 Cibadak ke Sukabumi Barat, itu kira-kira 12 kilo. Kebutuhan investasinya kira-kira Rp 2,5 triliun," ujar Endra.

Jika Cibadak dan Sukabumi Barat bisa dihubungkan, kata dia, akan sangat menolong. Sebab, masih ada titik kemacetan di Cibadak dan Cisaat yang bisa di-bypass dengan tol tersebut. "Jadi kalau kita membayangkan dulu, kan kemacetannya yang kita bayangkan kalau ada tugas ke Sukabumi," tutur Endra.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Bakal Beroperasi Agustus 2024

Pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 hingga Cibadak dinilai sudah menolong. Tetapi, Endra menilai masih ada pekerjaan rumah alias PR. "Kalau sampai Sukabumi Barat baru kita bener-bener bisa terukur dari sisi waktu," ujar dia.

Dengan dibangunnya Tol Bocimi Seksi 3, mobilitas dari Sukabumi ke Bodor atau sebaliknya juga bisa terbantu. Bahkan, akses ke Jawa Barat bagian selatan di sisi Sukabumi bisa terbuka. "Artinya, Pantai Selatan Sukabumi. Nah, itu kan di sana banyak daerah wisata," beber Endra.

Pada November 2022, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi menyatakan pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 sudah rampung dengan biaya Rp 731 miliar. Ini disampaikan Kepala Seksi Penataan Hak Pertanahan dan Pendaftaran Tanah BPN Kabupaten Sukabumi, Jumalianto.

"Proses pengadaan tanah jalan tol sedang dimaksimalkan sampai Seksi 3 di tahun 2022. Kita berdoa semoga proses pengadaan tanah berjalan lancar karena untuk kesejahteraan warga Sukabumi. Kalau pembayaran (pembebasan lahan) tol sudah sampai Seksi 3, dari Sundawenang (Parungkuda) ke Cibolang (Cisaat). Seksi 3 sudah sampai Al-Masthuriyah pembagian, sudah pembayaran (pembayaran uang ganti rugi atau UGR)," kata Jumalianto.

Menurut Jumalianto, pintu keluar Tol Bocimi Seksi 3 nantinya berada di ujung Jalan Lingkar Selatan Cibolang dekat Masjid Raya Raudhatul Irfan.(fhm)