6 Ruas Tol Trans Sumatera Rampung Tahun Ini, Berikut Rinciannya

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 11/Agu/2023 10:17 WIB
Foto: Dok. PT Hutama Karya Foto: Dok. PT Hutama Karya

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Hutama Karya (HK) (Persero) menargetkan ada sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang akan selesai lagi tahun ini. Belakangan sudah ada sejumlah jalan tol perusahaan yang selesai dan beroperasi.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan ada sekitar enam ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang ditargetkan selesai tahun ini. Keenam jalan tol itu di antaranya, Sigli - Banda Aceh, Kuala Tanjung - Pematang Siantar, Pekanbaru - Bangkinang, Bangkinang - Pangkalan, Binjai - Pangkalan Brandan, dan ruas tol Kisaran - Indrapura

Baca Juga:
Arus Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sibanceh Meningkat Jelang Lebaran

"Tahun ini, Sigli - Banda Aceh akan selesai tahun ini, kemudian Kuala Tanjung - Pematang Siantar tahun ini. Kemudian Pekanbaru - Bangkinang sudah 100%, Bangkinang - Pangkalan juga tahun ini. Ini Sicincin-Padang belum selesai tahun ini, tahun depan," kata dia saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2023).

"Kemudian Binjai - Pangkalan Brandan ini 58 km ini juga selesai tahun ini, bisa diresmikan," lanjut dia.

Baca Juga:
Mulai Berbayar, Cek Tarif Tol Indralaya-Prabumulih di Sini!

Selanjutnya, satu lagi ditargetkan Jalan Tol Kisaran-Indrapura akan selesai tahun ini. Adapun progres jalan tol sepanjang 48 km itu saat ini sudah 88,20%, pembebasan lahannya 99,59% dengan biaya investasi 6,71 triliun.

Secara rincin, dalam paparan Budi dijelaskan progres masing-masing tol sampai 30 Juli 2023. Misal Jalan Tol Sigli - Banda Aceh (74 km), progresnya sudah 82,07% dengan pembebasan lahannya 87,72%. Ruas itu dibangun dengan nilai investasi Rp 14,05 triliun.

Baca Juga:
Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura Mulai Beroperasi, Tarif Masih Gratis

Lalu, Jalan Tol Kuala Tanjung-Pematang Siantar (93 km) yang dibangun dengan nilai investasi Rp 13,7 triliun itu progresnya sudah mencapai 85,59% dengan pembebasan lahan 94.94%. Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang (40 km), sudah mencapai 93,21%, penyelesaian lahan 100%, dan nilai investasinya Rp 5,2 triliun.

Lebih lanjut, progres pembangunan Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan (24,7 km) mencapai 76,61% dengan pembebasan lahan 93,80% dan nilai investasinya Rp 4,9 triliun.

Kemudian Jalan Tol Binjai - Pangkalan Brandan (58 km), progresnya kontruksi mencapai 82,62%, pembebasan lahannya 96,58% dengan nilai investasi pembangunan Rp 11,3 triliun. Terakhir, ruas Jalan Tol Kisaran - Indrapura (48 km), progres kontruksinya 88,2%, pembebasan lahan 99,59%, nilai investasi pembangunannya Rp 6,7 triliun.

Terbaru, yang baru saja pembangunannya selesai adalah Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. Jalan tol itu ditargetkan akan beroperasi tanpa tarif mulai akhir Agustus atau awal September 2023.

Sementara ruas jalan tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi di antaranya, ruas TB Penanjung-Bengkulu, Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Dukon), Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (non Dukon), ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, ruas Medan-Binjai, ruas Pekanbaru-Dumai, dan ruas Palembang-Indralya.(fhm)