Kemenhub Dukung Percepatan Implementasi NLE di Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 26/Agu/2023 08:21 WIB
Plt. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi saat  berbicara di Breakfast Meetinh Plt. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi saat berbicara di Breakfast Meetinh

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan berkomitmen mendukung percepatan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) di pelabuhan seluruh Indonesia. 

Baca Juga:
Kemenhub Bahas Keterbatasan Kuota BBM Subsidi Pada Sektor Transportasi Laut Melalui Rakor

Langkah ini dilakukan dalam upaya meningkatkan iklim investasi dan daya saing ekonomi nasional.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan komitmennya saat menghadiri acara "Breakfast Meeting dan Pembahasan Kolaborasi Percepatan Implementasi NLE Tahun 2023" di Kantor Pusat PT Pelindo, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Workshop On The Maritime Single Window

Dia mengungkapkan harapannya terhadap kelanjutan kolaborasi antarKementerian dan Lembaga terkait, guna mendukung percepatan implementasi NLE pada tahun 2023.

"Implementasi NLE merupakan hasil kolaborasi lintas kementerian, lembaga, dan para pemangku kepentingan di pelabuhan. Langkah ini mengacu pada Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional, yang bertujuan memperbaiki iklim investasi serta meningkatkan daya saing perekonomian nasional," ujarnya.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Upaya Swasembada Daging Nasional Melalui Angkutan Kapal Ternak

Dalam rangka kolaborasi ini, Capt. Antoni Arif Priadi menggarisbawahi pentingnya komunikasi dan koordinasi yang optimal antara instansi-instansi terkait. 

Langkah-langkah konkret, seperti penguatan kebijakan, pemanfaatan digitalisasi berkelanjutan, penguatan kelembagaan, dan perbaikan tata kelola di setiap instansi, dianggap perlu untuk mendukung pelaksanaan NLE.

"Marilah bersama-sama kita bergandengan tangan membangun negeri kita yang tercinta dengan semangat juang kemerdekaan pada Agustus ini kita bersama-sama memajukan bangsa Indonesia dari sektor logistik guna meningkatkan persaingan Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Ditjen Hubla juga mengapresiasi kolaborasi yang sudah terjalin antarKementerian, Lembaga, dan para pemangku kepentingan di pelabuhan. 

Diharapkan, implementasi Inpres No. 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional dapat berjalan dengan sukses, mendorong peningkatan iklim investasi, dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Acara itu dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ali Murtopo Simbolon; Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan, Askolani; Kepala Lembaga Nasional single Window, Kementerian Keuangan, Agus Rofiudin; Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Isy Karim.

Hadir juga Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim; dan Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Bambang. (omy)