Komitmen Keberlanjutan FIFGROUP di Hutan Mangrove Terluas se-Asia Tenggara

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 06/Sep/2023 11:43 WIB
foto:istimewa/FIFGROUP foto:istimewa/FIFGROUP

ACEH (BeritaTrans.com) - Hari-hari ini bumi menunjukkan berbagai dinamika fenomena alam yang cukup menarik perhatian dan memprihatinkan. Mulai dari pemanasan global, kebakaran hutan, hingga polusi udara.

Baca Juga:
Warisi Sanitasi yang Layak Bagi Masyarakat, FIFGROUP Resmikan Kampung Sehat STBM di Lebak Bulus, Jakarta

Berbagai pihak saling bersinergi menggelar kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan global terkait pentingnya lingkungan yang sehat, isu-isu lingkungan yang mendesak, dan ajakan untuk melestarikan bumi.

PT Federal International Finance (FIFGROUP), perusahaan pembiayaan, yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, ikut ambil bagian dalam upaya sinergis itu.  Dalam upayanya menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui program FIFGROUP Hijaukan Bumi - Aksi Penanaman Mangrove, perseroan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Langsa, Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Pertanian Kota Langsa, yang digelar di Kawasan Hutan Mangrove Kuala Langsa, Selasa 5 September 2023..

Baca Juga:
FIFGROUP Hadirkan Kampanye SatuNafas di IMOS+ 2023 Dukung Pelestarian Lingkungan melalui Penanaman Mangrove

Kawasan Hutan Mangrove Langsa merupakan hutan mangrove terbesar di Asia Tenggara, dengan luas sekitar 8 ribu hektar. Mangrove, hutan pantai yang seringkali terlupakan, semakin mendapatkan perhatian khalayak di tengah fenomena pemanasan global. Mangrove adalah ekosistem pesisir yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan serta memberikan perlindungan terhadap bencana alam, khususnya dalam meminimalisir gelombang laut di pesisir pantai.

Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, yang didampingi oleh EHSSR & Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, Kepala Wilayah FIFGROUP Area Nanggroe Aceh Darussalam & Kepulauan Riau, Carlldinos A Farhan J Hamzen, Kepala Cabang FIFGROUP Langsa, Kinoi Yudhistira, saat membuka aksi penanaman mangrove dengan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen FIFGROUP dalam upayanya menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Baca Juga:
FIFGROUP & BBPPMPV Cianjur Tandatangani MoC Pelatihan Kultur Jaringan Bagi Guru SMK Pertanian

“Hal ini adalah bentuk dukungan FIFGROUP dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat dan komunitas melalui 3 Aspek Strategi Sustainability (keberlanjutan), yaitu Portofolio, People dan Public Contribution. Pada poin ketiga yaitu Public Contribution Strategy, FIFGROUP melakukan program berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi masyarakat yang terbagi dalam 4 Pilar CSR FIFGROUP, yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP Lestari. Dan kegiatan hari ini juga sejalan dengan misi perusahaan yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” ujar Esther.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat setempat yaitu Pj Wali Kota Langsa, Bapak Syaridin S.Pd, M.Pd yang diwakili oleh Dr. Herman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Langsa, Adi Putra Wijaya Siregar yang diwakili oleh M. Jamil, S.Sos, Kapolres Langsa, AKBP Muhammadun yang diwakili oleh Wakil Kapolres Langsa, Kompol Dheny Firmandika, S.Ab., S.I.K , SH, lalu Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Kasat Polairud) Kota Langsa, AKP Nurmansyah, dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Pertanian Langsa Aceh, Roro Sri Hariyani S.Pd, M. Si.

“Selain itu, kegiatan ini selaras dengan salah satu poin tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 13 yaitu Penanganan dan Perubahan Iklim dan poin 14 yaitu Ekosistem Laut. Dalam hal ini FIFGROUP mengambil peranan, salah satunya dengan gerakan Create Action, Rescue Earth (CARE) sebagai bentuk aksi nyata kepedulian perusahaan terhadap perubahan iklim untuk keseimbangan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dan juga bentuk komitmen FIFGROUP dalam aspek Environment, Social, and Governance (ESG) Goals yaitu Community Relations,” tambah Esther.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Langsa, Bapak Syaridin S.Pd, M.Pd menyampaikan pesan yang diwakili oleh Dr. Herman : “Kami berterima kasih kepada FIFGROUP yang telah mengumpulkan kita semua disini untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam upaya melestarikan lingkungan, yaitu penanaman mangrove. Semoga yang kita lakukan hari ini memberikan manfaat yang baik di masa yang akan datang.”

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Langsa, Adi Putra Wijaya Siregar yang diwakili oleh M. Jamil, S.Sos : “Mangrove jenis Rhizopora sp memiliki peran yang sangat besar dalam meminimalisir dampak gelombang yang besar di pesisir pantai. Terima kasih FIFGROUP turut serta menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove hari ini.”

 

Lebih Dari Ribuan Bibit Pohon

Aksi penanaman 500 bibit pohon mangrove jenis rhizophora sp, di hutan mangrove terbesar se-Asia Tenggara hari ini, adalah kelanjutan dari kegiatan tanam 234 bibit pohon mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada bulan Juni, dan 340 bibit pohon mangrove di Benoa, Bali pada bulan Agustus. Sehingga total 1.074 bibit mangrove yang ditanam FIFGROUP di sepanjang tahun 2023.

Aksi FIFGROUP Hijaukan Bumi sendiri memiliki target 34.000 bibit pohon di tahun 2023, di mana angka tersebut sesuai dengan usia dari FIFGROUP yang menginjak 34 tahun di 2023. Hingga Juli 2023, sudah 11.340 pohon yang ditanam oleh FIFGROUP di beberapa titik seluruh Indonesia, di luar angka penanaman mangrove. Sehingga jika ditotal dengan mangrove, maka sudah 12.414 bibit pohon yang ditanam FIFGROUP. Kedepannya, kami sangat berharap untuk bisa terus menyebar semangat menjaga pesisir ini ke banyak daerah lainnya.(ahmad)