PUPR Perbaiki Jalur Alternatif ke Puncak Bogor, Bakal jadi Tempat Wisata Baru

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 23/Sep/2023 08:15 WIB
Ilustrasi kendaraan di wilayah Puncak Bogor. Foto: istimewa. Ilustrasi kendaraan di wilayah Puncak Bogor. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian PUPR telah memulai perbaikan jalan daerah ruas Sukamakmur-Sukawangi dan ruas Mengker Gunung Batu yang menjadi jalur alternatif wisatawan menuju Puncak Bogor.

Keduanya termasuk dalam 15 ruas jalan daerah di Jawa Barat yang diperbaiki sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, selain perbaikan, ruas jalan tersebut juga dilakukan pelebaran jalan menjadi 6 meter agar dapat dilalui kendaraan lebih baik.

"Jika ingin meningkatkan potensi wisata di kawasan di Kecamatan Sukamakmur selain sebagai jalur alternatif menuju kawasan wisata Puncak Bogor, maka jalannya juga harus lebih baik, untuk itu harus dilebarkan dengan standar sekitar 5,5 meter hingga 6 meter," jelasnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (20/09/2023).

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Menurut dia, sama halnya dengan perbaikan ruas jalan daerah di Indonesia, konstruksi ruas Jalan Sukamakmur-Sukawangi dan ruas Jalan Mengker Gunung Batu ditargetkan selesai akhir tahun 2023.

"Semua direncanakan akan selesai pada bulan Desember 2023, termasuk ruas jalan ini," tukas Basuki.

Baca Juga:
Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Mulai Pembangunan Tahun Ini

Bupati Bogor Iwan Setiawan menambahkan, jalur jalan tersebut menjadi harapan masyarakat, karena merupakan salah satu destinasi wisata baru.

Pasalnya disebut juga jalan Poros Tengah Timur atau jalur Puncak II yang akan tembus ke Cipanas.

"Jalan ini menjadi jalan alternatif masyarakat menuju kawasan Puncak, ini juga merupakan jawaban atau solusi dari masalah kemacetan di kawasan Puncak," kata Iwan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Brawijaya menjelaskan, kegiatan preservasi Jalan Sukamakmur-Sukawangi dilaksanakan sejak 30 Agustus 2023 dengan nilai kontrak Rp 38,96 miliar.

Sementara konstruksinya dilaksanakan oleh PT Hutama Prima dengan panjang penanganan 6,64 km.

Sedangkan untuk ruas Jalan Mengker Gunung Batu pekerjaannya dilaksanakan oleh PT Bengkel Konstruksi Mandiri dengan nilai kontrak Rp 14,94 miliar sejak 30 Agustus 2023 dengan pekerjaan berupa rekonstruksi jalan sepanjang 2,93 km.