Menhub Lantik Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Kusworo

  • Oleh : Naomy

Rabu, 04/Okt/2023 12:48 WIB
Pelantikan Kepala Basarnas Pelantikan Kepala Basarnas


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi melantik Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang baru Marsekal Madya TNI Kusworo, menggantikan Marsekal Madya TNI (purn) Henri Alfiandi. 

Pelantikan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Usul Formasi ASN Tahun Ini 18.017 Personel

Marsekal Madya TNI Kusworo dilantik sebagai Kepala Basarnas berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 135/TPA TAHUN 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Dalam sambutannya Menhub mengatakan, Basarnas memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menyelamatkan setiap jiwa dari risiko bencana dan kedaruratan lainnya dalam situasi apapun. 

Baca Juga:
BPSDMP Bersama ITC Tingkatkan Bahasa Inggris Taruna Kemenhub

“Basarnas harus melakukan perkuatan Pencarian dan Pertolongan Nasional dengan memperbanyak inovasi yang memanfaatkan teknologi, meningkatkan kompetensi SDM, memperkuat sinergi dan kolaborasi, serta memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi kebencanaan,” tutur Menhub.
 
Pada kesempatan tersebut, dia berpesan agar perkuatan pencarian dan pertolongan nasional tersebut turut didukung sumber daya manusia (SDM), yang menjunjung tinggi integritas. 

“Kami mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Basarnas, tetaplah berkomitmen menjaga amanah dan integritas serta mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta berkolaborasi dengan seluruh pihak seperti Kemenhub, TNI, POLRI, dan unsur terkait lainnya,” tutur Menhub.
 
Turut hadir dalam pelantikan tersebut KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo; Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran. (omy)

Baca Juga:
Cris Kuntadi Raih Gelar Professor dari Universiti Geomatika Malaysia