Tingkatkan Kompetensi, Personel Avsec AP1 Uji Tangkas di RASCO 2023

  • Oleh : Naomy

Kamis, 05/Okt/2023 05:11 WIB
Personel Avsec AP I Personel Avsec AP I


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I (AP1) menggelar kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023, ajang kompetisi yang digelar untuk menguji kompetensi personel Airport Security di lingkungan AP1, serta diikuti oleh perwakilan dari 15 bandara yang dikelola.

RASCO 2023 dilaksanakan dalam tiga tahapan. Pertama adalah Play-Off Stage, yang dilaksanakan pada Rabu (4/10/2023) secara online. 

Baca Juga:
Masyarakat Likupang Dapat Pelatihan Hospitality dari InJourney

Dalam tahapan ini, 15 tim yang diawaki masing-masing tiga personel Airport Security diadu kemampuannya dengan delapan tim dinyatakan lolos ke tahapan kedua, yakni Semifinal. 

Tahapan Semifinal akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2023, secara online untuk menentukan tiga tim yang berhak untuk lanjut ke tahapan ketiga.

Baca Juga:
SGTC, Kenalkan Pemimpin BUMN Perempuan ke Mahasiswa Unud Bali

Sedangkan tahapan ketiga merupakan Final Stage yang akan dilaksanakan secara offline pada 19 Oktober 2023, di Gedung Center for Excellence (CFE) AP1 di Jakarta.

"Ajang RASCO 2023 digelar untuk menguji kemampuan dan kompetensi dari personel Airport Security dari 15 kantor cabang bandara yang dikelola AP1. Personel Airport Security memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam aspek keamanan dan pengamanan bandara, sehingga ajang seperti ini penting untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi, sekaligus merupakan sarana refreshment bagi personel terkait pengetahuan tentang aspek keamanan bandara," ujar Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty.

Baca Juga:
Mantap, Dirut Angkasa Pura I Dinobatkan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online

Saat ini trafik pergerakan penumpang, pesawat udara, dan kargo di 15 bandara AP1 terus menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan, serta bahkan sudah semakin menuju ke trafik pada masa sebelum pandemi. 

"Selain itu, saat ini berbagai event berskala nasional dan internasional yang melibatkan bandara AP1 juga sudah banyak digelar, sehingga menuntut kinerja personel Airport Security yang prima. Dalam kaitannya dengan kedua hal tersebut, ajang RASCO menjadi sarana yang cukup penting," urainya.

RASCO 2023 menguji kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman personel Airport Security mengenai regulasi skala nasional dan internasional terkait keamanan penerbangan dan keamanan bandara. 

Dalam pelaksanaannya, RASCO 2023 melibatkan dewan juri eksternal yang berasal dari Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, serta dewan juri internal dari Airport Security Group AP1.

Selain menghadirkan dewan juri eksternal dari komunitas aviasi nasional, RASCO 2023 juga menghadirkan panelis dari komunitas aviasi internasional, yaitu First Secretary (Transport) CISC Australian Embassy Julie Lewis, dan Manager Security and Facilitation Airport Council Internasional (ACI) Asia Pacific Gary Leung.

"Kami berharap ajang yang digelar setiap dua tahun sekali ini dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi personel Airport Security di bandara kami, serta dapat memenuhi harapan stakeholder melalui pengelolaan sumber daya manusia yang unggul," tutup Indah. (omy)