Loket Jadi Tempat Tinggal Ilegal, Puluhan Bangunan di Terminal Pulogadung Dibongkar

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 15/Okt/2023 07:16 WIB
Pembangunan taman di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Pembangunan taman di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sejumlah bangunan di Terminal Pulogadung dilakukan pembongkaran. Pembobgkaran hingga akhir September lalu tersebut dikatakan merupakan bangunan ilegal yang ditempati.

"31 bangunan itu penuh dengan penghuni. Dulunya tempat penjualan tiket bus AKAP dan kantin," ujar Kepala Terminal Pulogadung Suratman dikutip BeritaTrans.com dari Kompas.com, Ahad (11/10/2023).

Baca Juga:
Langgar Ketentuan PPKM Darurat, 2 Bus AKAP Dikandangkan di Terminal Pulogadung

Dia mengatakan, orang-orang yang sebelumnya berjualan di bangunan itu lambat laun menjadikannya sebagai tempat tinggal. Padahal, bangunan tersebut merupakan milik pemerintah dan fungsinya hanya untuk berjualan.

"Pasca bus AKAP pindah ke Terminal Pulogebang, mereka menempati bangunan secara ilegal," jelas Suratman.

Bahkan, ada yang hanya menjadikannya sebagai tempat tinggal dan penghuninya berdagang di luar kawasan terminal.

"Sudah jadi rumah tinggal semi permanen, bahkan ada yang permanen. Ada yang jadi tempat tinggal dan buat bengkel mobil," kata dia.

Suratman menjelaskan, pembongkaran 30 bangunan hanya berlangsung selama satu hari. Sebab, jenis bangunannya adalah semi-permanen.

Masih ada satu bangunan lagi yang belum dibongkar karena dibangun permanen. 

"Kami juga lama karena pembongkaran manual. Tapi kami bongkar atap dulu supaya bangunan tidak ditempati. Akhir September baru pakai beko untuk meratakan bangunan," tutur dia.

Usai 31 bangunan liar itu dibongkar, Suratman menjelaskan bahwa pihaknya kini akan berfokus pada pembangunan 20 kios semi-permanen.

Puluhan kios hanya untuk merelokasi beberapa pedagang yang dahulu membayar retribusi kepada terminal.

"Kami akan mendata kembali siapa saja yang pernah bayar retribusi, sehingga bisa direlokasi. Cuma, ke depannya (kios) hanya untuk berdagang saja," tegas Suratman.

Sebelumnya diberitakan, Terminal Pulogadung bakal ditata ulang untuk menghilangkan kesan kumuh dan negatif.(fhm)