Penumpang KRL Akhir Pekan Ini Capai 481 Ribu Lebih, Stasiun Bogor dan Tanah Abang Paling Ramai

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 22/Okt/2023 18:03 WIB
Suasana di KRL Jabodetabek. (Ilustrasi) Suasana di KRL Jabodetabek. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jumlah penumpang KRL Commuterline paling ramai berangkat terjadi di Stasiun Bogor dan Stasiun Citayam pada Ahad (22/10/2023). Sedangkan stasiun tujuan terbanyak penumpang yaitu Bogor dan Tanah Abang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, hingga pukul 14.00 WIB kondisi di sejumlah stasiun Commuter Line Jabodetabek terpantau relatif lengang dan kondusif dibanding dengan kondisi pada hari kerja. Dari data yang diperoleh, kalkulasi pengguna sebanyak 481.119 orang untuk melakukan mobilisasinya di akhir pekan. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Terpantau di Stasiun Bogor dan Stasiun Citayam merupakan stasiun keberangkatan dengan jumlah pengguna terbanyak yang naik dari kedua stasiun tersebut masing-masing 13.776 orang dan 11.218 orang. Sementara itu untuk Stasiun Bogor dan Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun tujuan dengan volume tertinggi, masing-masing sebanyak 17.886 orang dan 15.459 orang," jelas Anne dalam keterangan resmi, Ahad (22/10/2023).

KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna Commuter Line Jabodetabek pada akhir minggu dan hari libur sepanjang Oktober 2023 ini sebanyak 670.271 orang. Angka tersebut lebih rendah 22% jika dibandingkan dengan rata-rata pengguna pada hari kerja yaitu sebanyak 897.550 orang. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi Commuter Line hari ini untuk mengantisipasi besok Senin lebih padat karena hari kerja volume pengguna jauh lebih ramai.

Diprediksikan untuk volume pengguna Commuter Line pada hari senin esok hari akan mencapai sebanyak 900 ribu orang lebih. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.00 – 08.00, dan sore hari pada pukul 16.00 – 18.30 WIB.

Saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1.100 perjalanan Commuter Line Jabodetabek setiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. 

KAI Commuter juga mengajak para pengguna commuterline untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuterline yang sudah ditetapkan agar perjalanan agar bisa lebih aman, sehat, dan nyaman. Hindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. 

Informasi Jadwal pemberangkatan, posisi real time kereta dan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi C-Access. 

"Untuk menjaga kenyamanan bersama saat akan naik dan turun dari Commuter Line, selalu mendahulukan pennguna yang turun terlebih dahulu serta ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam perjalanan. Jadilah pengguna yang tertib dan selalu saling menghormati sesama pengguna lain," ujar Anne. (Fhm)