KSOP dan Pelindo Teken Kerja Sama Pemanfaatan BMN di Pelabuhan Labuan Bajo

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 07/Nov/2023 20:07 WIB
Foto: istimewa/DJPL Foto: istimewa/DJPL

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo bersama Pelindo menandatangani Berita Acara Serah Terima Hasil Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) berupa lahan sisi daratan seluas 3,6 Ha yang dilengkapi dengan 3 (tiga) buah Sertifikat Tanah HGB untuk dipergunakan dalam tugas-tugas operasional.   

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Berita Acara Serah Terima tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto dan Regional Head 3 PT. Pelabuhan Indonesia (Persero), Ardhy Wahyu Basuki di Ruang Rapat Sriwijaya Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta pada Selasa (7/11).  

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyambut baik dilaksanakannya kerja sama ini dan berharap dapat semakin mengoptimalkan penyediaan, pengembangan dan pengelolaan infrastrukur Pelabuhan Labuan Bajo. 

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

“Atas nama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan saya menyambut baik dilaksanakannya kerja sama ini dan diharapkan dapat semakin mengoptimalkan penyediaan, pengembangan dan pengelolaan infrastrukur Pelabuhan Labuan Bajo yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat serta peningkatan produktivitas dan efisiensi pelabuhan Labuan Bajo,” kata Capt. Antoni.

Lebih lanjut Capt. Antoni mengatakan bahwa Pelabuhan Labuan Bajo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam mendukung sektor pariwisata. Terlebih, wilayah Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai salah satu dari 5 (lima) destinasi wisata super prioritas yang telah dicanangkan oleh pemerintah. 

Baca Juga:
Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat Curah Kering, Pelindo Tambah 2 Unit Mini Bulldozer

“Ke depan saya berharap pengelolaan Pelabuhan Labuan Bajo dapat semakin profesional dan mampu melayani masyarakat dan wisatawan secara optimal. Hal tersebut tentu tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan diperlukan kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Labuan Bajo,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, termasuk kepada Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, PT. Pelindo dan seluruh stakeholder pelabuhan serta mengajak untuk selalu optimis dalam memajukan sektor transportasi laut.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi, semoga pelaksanaan Kerja Sama Pemanfaatan BMN ini dapat berjalan dengan baik sesuai komitmen yang telah disepakati bersama. Untuk itu, kita harus selalu optimis dalam menjadikan sektor perhubungan lebih maju lagi,” tutup Capt. Antoni.(ahmad)