Persiapan Angkutan Nataru 2024, KAI Daop 1 Jakarta Sediakan 1.134 Lebih Perjalanan Kereta Api Reguler

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 08/Nov/2023 10:27 WIB
Daop 1 Jakarta menyediakan 680 ribu lebih tempat duduk kereta api jarak jauh untuk melayani penumpang KAJJ pada masa periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2024. (Foto:Ist) Daop 1 Jakarta menyediakan 680 ribu lebih tempat duduk kereta api jarak jauh untuk melayani penumpang KAJJ pada masa periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2024. (Foto:Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mulai tanggal 6 November 2023 atau H-45 keberangkatan. 

Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan kereta api pada 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Baca Juga:
Gempa di Garut, KAI Daop 1 Jakarta Setop Sementara 5 Pejalanan KA

Kahumas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan, khusus penjualan tiket angkutan Nataru kali ini, KAI menerapkan kebijakan pembelian tiket dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45). 

"Maka hari ini, 8 November 2023 pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 21, 22 dan 23 Desember 2023 atau H-5, H-4 dan H-3 Perayaan Natal dan seterusnya sesuai kebijakan pemesanan tiket yang sudah dapat dipesan mulai H-45," ujar Ixfan, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

Pada masa Angkutan Nataru kali ini, Daop 1 Jakarta menyediakan 1.134 perjalanan KA Jarak Jauh reguler dengan 680 ribu tempat duduk. 

Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 30 ribu pengguna jasa KA Jarak Jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan total rata-rata perjalanan 63 KA perhari yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan dengan adanya program pemberangkatan KA tambahan yang biasanya dijalankan pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

"Daop 1 Jakarta akan mensosialisasikan kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Nataru. Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui Aplikasi Access by KAI," kata Ixfan.

Mengenai ongkos, adapun tdarif tiket kereta api komersial di masa Nataru, tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA). Sedangkan tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO)  tarifnya tetap sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada calon pelanggan agar selalu teliti dalam memilih tanggal dan rute serta melakukan pemeriksaan kembali pada proses pengisian data diri saat melakukan pemesanan tiket. 

Calon pengguna juga dihimbau agar memperhatikan kembali syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi tiket KAJJ. 

Perlu diketahui, di Staisun Gambir, sejak 1 September 2023 lalu, Gate Selatan khusus hanya melayani boarding dengan Face Recognition. Untuk boarding manual dilayani di Gate Utara Stasiun Gambir. 

"KAI Daop 1 Jakarta mengimbau para pelanggan KA untuk melakukan pendaftaran Face Recognition baik melalui aplikasi Access by KAI ataupun langsung mendatangi petugas di Hall Selatan Stasiun Gambir," pungkas Ixfan.