Menparekraf dan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Bahas Urban Tourism

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 11/Nov/2023 16:34 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri Pembangunan Singapura Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri Pembangunan Singapura

SINGAPURA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Menteri Pengembangan Nasional Singapura Desmond Lee guna membahas best practice pengembangan urban tourism atau city tourism yang dapat diterapkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga dalam acara “Bilateral Meeting with Ministry of National Development", di Capella Singapore, Kamis (9/11/2023) mengatakan, selain keindahan alam dan budaya, Indonesia memiliki peluang dalam pengembangan konsep pariwisata di perkotaan yang hijau untuk meningkatkan daya tarik wisata.

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

“Singapura ini menjadi destinasi wisata perkotaan yang luar biasa. Mampu menarik 60 juta lebih wisatawan dengan beberapa pendekatan,” kata Menparekraf.

Salah satu upayanya adalah dengan menentukan lokasi yang strategis didukung sejumlah fasilitas yang mumpuni mulai dari keberadaan akomodasi yang lengkap, akses transportasi yang mudah dijangkau, hingga beragam kuliner dan hiburan yang mampu menawarkan pengalaman wisata perkotaan yang mengesankan. 

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

Upaya ini memengaruhi jumlah berbelanja (spending) dan lama tinggal (length of stay) wisatawan.

Ada sejumlah kota di Indonesia yang telah dibidik Menparekraf sebagai lokasi pariwisata perkotaan yaitu lima kota yang tergabung dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) yakni Jakarta, Bandung, Pekalongan, Ambon, dan Solo. Serta lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Denpasar, Bali.

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

“Kita akan undang (Pemerintah Singapura) untuk workshop sebagai bagian dari konsep pariwisata di perkotaan yang hijau dan bisa untuk dioptimalkan menjadi daya tarik,” tuturnya.

“Karena target kita tetap menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024. Meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga bisa membuka peluang usaha dan membangkitkan ekonomi Indonesia."

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo. (omy)