Dukungan Kemenhub di Sail Teluk Cendrawasih 2023, KM Sinabung jadi Hotel Terapung

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Nov/2023 05:16 WIB
Cspt. Antoni tinjau KM Sinabung Cspt. Antoni tinjau KM Sinabung

BIAK NUMFOR (BeritaTrans.com) - Guna mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih 2023 yang berlangsung di Kabupaten Biak Numfor, Papua 21-27 November 2023, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan penugasan kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan kapal KM. Sinabung sebagai akomodasi/hotel terapung. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan, akomodasi/hotel terapung tersebut merupakan dukungan Kementerian Perhubungan untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih 2023. 

Baca Juga:
Dirjen Hubla Dorong e-Tiketing Diterapkan di Semua Layanan Kapal

 “Kita siapkan KM. Sinabung sebagai akomodasi bagi para peserta untuk tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, driver shuttle bus dan lain-lain. Selain itu ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu VIP jika ingin mengunakan fasilitas akomodasi/hotel terapung ini,” ujar Capt. Antoni di sela kunjungan, Rabu (22/11/2023). 

Dijelaakannya, KM. Sinabung dapat menampung 1.906 orang yang terdiri dari Kabin Kelas IA berjumlah 32 kamar dan masing-masing dapat diisi dua orang dengan total sebanyak 14 orang, Kabin Kelas IB berjumlah 20 kamar dan masing-masing dapat diisi empat orang.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Lebaran Ditutup, Dirjen Hubla: Penumpang Naik 13,96%

Kelas 2A berjumlah 42 kamar dengan kapasitas enam orang perkamar, kelas 2B sebanyak 14 kamar yang dapat diisi delapan orang perkamar dan Kelas Ekonomi sebanyak 1.335 orang.

“Fasilitas di dalam kapal dapat menunjang aktifitas seperti restoran kapal, mushola, kafetaria, toilet hingga mini market, dengan fasilitas yang lengkap ini pastinya yang menginap di KM Sinabung ini akan nyaman,” ungkap dia. 

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Capt. Antoni mengatakan, bagi para undangan, peserta pameran maupun petugas yang tidak mendapatkan penginapan dikarenakan tempat penginapan yang terbatas di Kabupaten Biak Numfor dapat mengunakan KM. Sinabung sebagai alternatif untuk menginap.

“Bagi yang tidak mendapatkan penginapan karena penginapan di Biak Numfor terbatas dan full booked, dapat mengunakan KM. Sinabung sebagai pilihan untuk menginap,” ujarnya.

Dukungan hotel terapung ini merupakan tindak lanjut dari surat Bupati Biak Numfor yang ditujukan kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor: 552.1/998 tanggal 31 Agustus 2023 perihal Permohonan Dukungan Kapal Milik PT Pelni. 

Capt. Antoni berharap dengan adanya akomodasi/hotel terapung ini dapat mensukseskan penyelengaraan dari Sail Teluk Cendrawasih 2023 ini.

“Dengan adanya akomodasi/hotel terapung KM. Sinabung ini saya harap dapat menyukseskan penyelengaraan dari Sail Teluk Cendrawasih 2023 ini,” pungkasnya. (omy)