Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kemampuan Pelaut Respon Perkembangan Teknologi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Nov/2023 08:25 WIB
Wisuda di Poltekpel Sulut Wisuda di Poltekpel Sulut


MINAHASA SELATAN (BeritaTrans.com) - Plt. Kepala BPSDMP Capt. Wisnu Handoko menyatakan, Pelaut modern tidak lagi hanya memerlukan pemahaman tentang operasi kapal tradisional, tetapi juga pengetahuan mendalam tentang sistem kontrol otomatis, teknologi sensor, dan perangkat lunak cerdas yang semakin mendominasi sektor maritim. 

Hal tersebut disampaikannya di sela mewisuda dan melepas Perwira Transportasi Laut lulusan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara, Rabu. (22/11/2023). 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Menurutnya, para pelaut harus mewaspadai kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini, karena terdapat tantangan yang menyertainya. Para pelaut harus terus berkembang untuk tetap relevan dalam menghadapi perubahan yang tejadi.

“Kita ketahui bersama, kemajuan teknologi maritim seperti otomatisasi, Artificial Intellegence, serta konektivitas global tidak hanya membawa peluang besar bagi para pelaut tetapi juga tantangan yang memerlukan kesiapan dan ketangguhan,” ungkap Capt. Wisnu. 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

Dia berpesan dalam menghadapi persaingan global, kemampuan adaptasi menjadi kunci keberhasilan suatu negara, yaitu bagaimana cara mengintegrasikan dan memanfaatkan teknologi baru, serta sejauh mana kemampuan memahami implikasi perubahan tersebut. 

Hal tersebut akan membedakan antara pelaut sukses dan pelaut yang tertinggal dengan perkembangan zaman.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

“Peran pelaut seringkali dianggap sebagai tulang punggung industri maritim, kalian adalah ujung tombak dari setiap kemajuan teknologi dalam dunia maritim. Karenanya keberhasilan dan efisiensi sebuah armada kapal tidak hanya bergantung pada kecepatan dan keandalan mesin semata, tetapi juga pada kemampuan pelaut untuk dapat memahami dan merespons perubahan teknologi yang terjadi,” tambahnya.

Capt. Wisnu mengucapkan selamat kepada para lulusan atas pencapaian luar biasa. Ia berharap para lulusan Poltekpel Sulut tidak hanya menjadi saksi tetapi juga menjadi pelaku dalam menciptakan masa depan maritim yang lebih baik melalui inovasi yang tak terbatas.

Direktur Poltekpel Sulut Capt. Dedtri Anwar dalam laporannya menyampaikan, Upacara Wisuda dan Pelepasan Perwira Transportasi Laut Poltekpel Sulut  dengan tema “Peningkatan Kemampuan Pelaut Dalam Menghadapi Percepatan Kemajuan Teknologi Maritim.” kali ini, diikuti sebanyak 259 Perwira Transportasi Laut. 

Rinciannya 52 orang lulusan Program Diklat DIII Pembentukan Prodi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Transportasi Laut, 98 orang lulusan Diklat Pelaut III Peningkatan Jurusan Nautika dan Teknika, 46 orang lulusan Program Diklat Pelaut IV Peningkatan Jurusan Nautika dan Teknika, dan 63 orang lulusan Diklat Pelaut V Peningkatan Jurusan Nautika dan Teknika. (omy)