Progres Trans Sumatra Tol Betung-Tempino-Jambi yang Bakal Hemat Perjalanan jadi 1,5 Jam

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 13/Des/2023 05:33 WIB
Jalan Tol. (Ist) Jalan Tol. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembangunan proyek jalan Tol Betung-Tempino-Jambi rencananya bisa menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung. 

Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan mencapai 169,9 km.

Baca Juga:
Arus Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sibanceh Meningkat Jelang Lebaran

Tol pertama di Provinsi Jambi ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi. Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp Ness.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 km dan ditargetkan selesai 2024.  

Baca Juga:
Sebanyak 16 Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung Akhir 2024

"Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino saat ini telah mencapai 29,12 km ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang," demikian mengutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Selasa (12/12/2023).

Untuk pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino merupakan upaya besar pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera. Keberadaannya disebut dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4-5 jam menjadi 1,5 jam. Sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Baca Juga:
Tarif dan Rute Tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Aceh

"Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ucapnya.

Adapun proyek jalan Tol Betung-Tempino-Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 km dan dukungan konstruksi pemerintah sepanjang 34 km.