Ditjen Hubla Uji Coba Berita Acara Online Perizinan Tersus dan TUKS

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Des/2023 19:04 WIB
Uji coba Sehati Uji coba Sehati

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ketersediaan layanan berbasis online menjadi tuntutan masyarakat, termasuk dalam hal perizinan jasa kepelabuhanan. 

Baca Juga:
Kemenhub Uji Coba Sandar Kapal dan Operasional 3 Pelabuhan di Teluk Palu

Melihat begitu besarnya manfaat yang diperoleh dari adanya layanan online, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berinovasi mengembangkan penambahan layanan Berita Acara Online sebagai kelengkapan persyaratan dalam perizinan Tersus dan TUKS melalui Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (Sehati). 

“Hari ini kita melaksanakan uji coba Berita Acara Online bersama seluruh teman-teman Unit Pelaksana Teknis Ditjen Hubla di daerah untuk memitigasi kendala-kendala yang dihadapi. Diharapkan teman-teman UPT dapat secara aktif mengikuti dan memberi masukan terutama untuk kondisi di lapangan yang pastinya beragam” ungkap Direktur Kepelabuhanan, Muhammad Masyhud di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga:
Sirani Bikin Optimal Pelaporan Layanan Operasional Pelabuhan

Penyediaan infrastruktur pelabuhan adalah kewajiban pemerintah. Di sisi lain, permintaan pelayanan terhadap jasa kepelabuhanan semakin tinggi. 

Maka di tengah keterbatasan pemerintah untuk membangun pelayanan jasa pelabuhan yang beragam tersebut, pemerintah memberikan ruang kepada badan usaha untuk secara mandiri membangun dan mengoperasikan Tersus dan TUKS.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Konsisten Cetak SDM Bidang Pengelolaan Pembangunan Faspel

Masyhud mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah permohonan perizinan pembangunan dan pengembangan Tersus/TUKS di Indonesia terus meningkat. 

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, semua proses layanan dituntut untuk seba cepat, praktis dan akuntabel dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. 

Demikian juga dalam pengurusan perizinan Tersus/TUKS harus cepat dan tidak berbelit-belit.

”Ditambahkannya Berita Acara Online dalam layanan perizinan Tersus dan TUKS ini sejalan dengan misi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yaitu menjamin efisiensi penyelenggaraan kegiatan kepelabuhan yang andal dan berdaya saing," urainya. 

Ini juga menjadi bukti bahwa Ditjen Perhubungan Laut terus mengikuti arus perkembangan zaman melalui digitalisasi.

Dia berharap, ke depannya SEHATI terus dikembangkan dan menjadi salah satu layanan yang dapat digunakan secara optimal dengan terus berinovasi untuk melahirkan layanan yang dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas. (omy)