Kampanye Kespel di Jepara, Ditjen Hubla Bagikan 200 Life Jacket

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 22/Des/2023 08:03 WIB
Kampanye kespel di Jepara Kampanye kespel di Jepara


JEPARA (BeritaTrans.com) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) kembali menggelar Kampanye Keselamatan Pelayaran (Kespel) di Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). 

Sosialisasi ini dilaksanakan di Pantai Kartini Jepara dan dihadiri oleh Kepala KSOP Tanjung Emas, Kepala Basarnas Jateng, Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Wakapolres Jepara, Kepala Dinas Pariwisata, Kaposal, serta perwakilan dari pemilik kapal dan nelayan di wilayah Jepara.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Dalam arahannya, Direktur KPLP Jon Kenedi mengungkapkan, selain sebagai salah satu daerah yang sedang berkembang pesat dari industri mebelnya, Jepara juga menjadi destinasi wisata dengan menghadirkan penyeberangan ke Pulau Panjang.

“Seiring dengan perkembangan industri dan wisata yang meningkat, kita juga harus memerhatikan dadi aspek keselamatannya baik dalam beraktivitas di darat maupun di laut. Tidak hanya pada penyeberangan, namun pada aktivitas di laut sehingga faktor keselamatan menjadi hal yang utama. Ini perlu menjadi perhatian bagi kita semua," tegas Jon Kenedi.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Untuk mendukung hal tersebut, bersama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Jepara menyerahkan 200 life jacket  sebagai bantuan dan dukungan untuk wilayah Jawa Tengah, khususnya di Jepara. 

“Pemberian life jacket sebagai wujud tugas fungsi kami di Perhubungan Laut, yaitu mendukung pengawasan keselamatan dan keamanan transportasi laut," ungkapnya.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

Sebagai informasi, penyerahan bantuan life jacket merupakan rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selama tahun 2023, dengan total lebih dari 2.000 life jacket di seluruh Indonesia. 

“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan terus melakukan pengembangan dan ekspansi dalam rangka memberikan dukungan dan pengetahuan mengenai keselamatan pelayaran dalam rangka mencapai tujuan utama mencapai zero accident” tutup Jon Kenedi. (omy)