Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

  • Oleh : Naomy

Selasa, 20/Feb/2024 08:08 WIB
Awak kapal patroli Awak kapal patroli

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) terus berkomitmen meningkatkan kompetensi para personel.

Kali ini dengan menggelar pelatihan peningkatan keterampilan Boarding Officer. 

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Tujuan kegiatan tersebut untuk mewujudkan Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang Responsif dalam Mendukung Keamanan dan Keselamatan Pelayaran. 

Pelaksanaan pelatihan Boarding Officer dilaksanakan di Surabaya dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak ya g berlangsung dari 19 s.d 23 Februari 2024.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Direktur KPLP Jon Kenedi mengatakan, dengan adanya pelatihan Boarding Officer ini diharapkan seluruh Awak Kapal Negara Patroli dapat semakin siap dalam menjalankan tugas operasional untuk pengawasan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia, yang dalam tugasnya, menghadapi berbagai macam bentuk permasalahan. 

“Peserta pelatihan Peningkatan Keterampilan Boarding Officer adalah dari Awak Kapal Negara Patroli pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebanyak 24 orang,” ujar Jon.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Nataru Resmi Ditutup

Dia menjelaskan, dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil Awak Kapal Negara Patroli KPLP harus cekatan, profesional, dan menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim.

Selain itu, perlu pula dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, seperti keterampilan Boarding Officer karena keterampilan ini adalah suatu bentuk performa untuk ketangkasan mempertahankan diri saat menghadapi ancaman dalam situasi darurat dan terdesak.

Oleh karenanya, Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Boarding Officer yang bertujuan membentuk SDM Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang selalu siap siaga, trampil dan cekatan dalam menghadapi situasi ancaman-ancaman kejahatan, yang kerap terjadi di laut, pantai ataupun di pelabuhan.

Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran yang mutlak, dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dengannya, para pengguna jasa transportasi laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya.

Jon berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa menjadi personel KPLP yang selalu siap siaga, berjiwa korsa, responsif, berani bertindak dan bertanggungjawab.

“Harapan kami ke depannya setelah mengikuti pelatihan Boarding Officer ini, para personel Awak Kapal Negara KPLP harus lebih baik lagi dalam mengemban tugasnya,”tutupnya.

Sebagai informasi, Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat untuk awak kapal negara yang berisikan tentang tenik-teknik untuk menghindari serangan dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan.  

Bording Officer ini turut dihadiri Kepala Kantor KSOP Utama Tanjung Perak, Kepala Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak, Para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II dan Kelas III Propinsi Jawa Timur, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, dan Para Instruktur Boarding Officer. (omy)