Menko PMK dan Menhub Tinjau Tol Jakarta - Cikampek, Contraflow Diberlakukan di Puncak Arus Libur Nataru

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 23/Des/2023 18:32 WIB
Contra flow di Tol Jakarta-Cikampek Contra flow di Tol Jakarta-Cikampek

KARAWANG (BeritaTrans.com) - Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, dan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin tinjau Tol Jakarta-Cikampek dari Km 57, Kabupaten Karawang, Sabtu (23/12/2023). 

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Tinjauan dilakukan untuk mengecek kepadatan arus kendaraan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang diprediksi mengalami puncaknya pada hari ini.

Menko Muhadjir mengatakan, berdasarkan tinjauan udara kepadatan lalu lintas ruas tol Jakarta-Cikampek terlihat mulai padat namun masih terkendali.

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Rekayasa lalu lintas melalui contraflow yang dilakukan pihak Korlantas Polri untuk mengurai kepadatan dinilainya sudah tepat.

"Selain itu,Tol Jakarta-Cikampek menuju Jawa Barat terutama ke daerah Gadog, Puncak Bogor masih terpantau normal namun harus tetap diwaspadai," ujar Menko Muhadjir.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Dia mengungkapkan, masih menemukan truk roda sumbu 3 atau lebih yang masih beroperasi meski sudah diberlakukan pembatasan sementara di masa libur Nataru. Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan menambah kepadatan. 

Pada kesempatan yang sama, Menhub meminta kepada Korlantas Polri untuk melakukan penegakkan hukum bagi pengemudi truk sumbu 3 yang melanggar ketentuan aturan pembatasan sementara kendaraan barang. 

"Kami juga meminta kepada operator logistik agar mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan tentang pembatasan kendaraan truk sumbu 3 atau lebih," terang Menhub. 

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan, akan melakukan upaya penegakan hukum yang lebih tegas bagi truk sumbu 3 atau lebih yang masih beroperasi di  ruas tol guna memperlancar dan meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan masyarakat.

Berdasarkan data Korlantas Polri, peningkatan arus kendaraan ruas Tol Jakarta-Cikampek mulai terjadi sejak Sabtu (23/12) jam 06.00 sekitar 7.000 kendaraan yang melintas. 

Hingga saat ini, untuk mengurai kepadatan pada ruas tersebut telah dilakukan rekayasa lalu lintas melalui contraflow 2 lajur. 

Pihak Korlantas memperpanjang contraflow yang semula dari Km. 47 menjadi dari Km. 36.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Achmad Wiyagus, Dirut Jasa Raharja Rivan Purwantono, Dir Lalin Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani, dan Dirut Jasamarga Syukur Surbakti. (omy)