Kemenparekraf-Angkasa Pura II Gelar Pelatihan Hospitality Skills di Bandara Soekarno-Hatta

  • Oleh : Naomy

Minggu, 24/Des/2023 15:51 WIB
Kerja sama Kemenparekraf dan AP II Kerja sama Kemenparekraf dan AP II


TANGERANG (BeritaTrans.com) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II menggelar Bimbingan Teknis "Wonderful Indonesia Hospitality Skills" bagi pemangku kepentingan terkait di Airport Learning Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf R. Wisnu Sindhutrisno dalam sambutannya, di Tangerang, Rabu (20/12/2023) menyampaikan, citra baik pariwisata Indonesia harus diciptakan sejak turis menginjakkan kakinya di Indonesia, yaitu di Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 35,3 Juta Pergerakan Penumpang Selama Triwulan I

Pelatihan yang dilaksanakan pada 20 Desember 2023 dilakukan sebagai upaya berkesinambungan untuk menciptakan pengalaman positif dan mempromosikan citra baik Indonesia di mata dunia.

Hal ini dapat menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk kembali datang ke Indonesia. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

“Tahun 2024, pariwisata memiliki target 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1,5 miliar perjalanan wisatawan nusantara. Sehingga pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan pemahaman destinasi super prioritas kepada SDM pemangku kepentingan di bandara serta meningkatkan pelayanan kepada turis untuk mendorong pencapaian target di tahun mendatang," tutur Wisnu dalam keterangan tertulis, Ahad (24/12/2023). 

Deputy EGM of Airport Service & Facility (CGK), Anindita Galuh Wardhani menyampaikan apresiasi atas kolaborasi pelaksanaan bimbingan teknis ini. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Dia berharap kegiatan itu bermanfaat bagi pengembangan SDM dan pelayanan di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai gerbang utama masuknya wisatawan mancanegara ke Indonesia. 

“Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan mendukung program promosi pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan trafik penumpang," ujar Anindita.

Bimtek "Wonderful Indonesia Hospitality Skills" dihadiri 38 peserta dari perwakilan AP II, Bea Cukai, Kantor Imigrasi, KKP, dan Aviation Security. 

Menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Rinto Taufik Simbolon dari Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf dengan materi mengenai “Kampanye Sadar Wisata, Sapta Pesona di Era Society 5.0” dan Wiweko Adi Nugroho, Konsultan dari Lead+Beyond melalui materi “Managing Customer Experience”. (omy)