Kereta Api Pandalungan Anjlok Sudah Berhasil Dievakuasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 15/Janu/2024 09:58 WIB
Proses evakuasi lokomotif anjlok di Sidoarjo. (Ist) Proses evakuasi lokomotif anjlok di Sidoarjo. (Ist)

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Setelah berupaya selama lima jam, petugas gabungan dari KAI dan Stakeholder lainnya berhasil mengevakuasi lokomotif kereta api Pandalungan, yang anjlok di dekat Stasiun Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, pada Senin dinihari, 15 Januari 2024.

Petugas juga memeriksa dan menormalkan rel yang bengkok pascaperistiwa kereta anjlok.

Baca Juga:
Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes hingga Anjlok, 2 Orang Tewas

Upaya evakuasi lokomotif kereta api Pandalungan ini dilakukan sejak Ahad malam, 14 Januari 2024, pukul 19.30 WIB. Sebelumnya petugas juga sudah berhasil, mengevakuasi rangkaian dua gerbong yang anjlok.

Evakuasi kereta api lokomotif Pandalungan dilakukan dengan menggunakan alat berat crane. Petugas akhirnya berhasil mengevakuasi lokomotif pada Senin dinihari sekitar pukul 00.22 WIB.

Baca Juga:
Jalur Rel di Stasiun Tanggulangin Sudah Bisa Dilewati Kereta Api

Lokomotif yang anjlok ini dibawa ke Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Jika kondisinya sudah normal kembali, lokomotif tersebut bisa dioperasikan lagi.

Selain mengevakuasi lokomotif, petugas juga melakukan pemeriksaan dan penormalan rel yang bengkok. Selanjutnya jalur ini sudah bisa dilakui kereta api kembali.

Baca Juga:
Kemenhub Lakukan Evakuasi KA Anjlok di Sidoarjo

Untuk kereta api yang melewati jalur ini, masih uji coba dibatasi kecepatannya rata-rata 5 kilometer per jam. Setelah uji coba selesai, jalur ini sudah bisa dilalui kereta api dengan kecepatan normal.(fhm)