Ditjen Hubla Serah Terima Pelabuhan Mocoh Kepada KPBPB Bintan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 17/Janu/2024 20:33 WIB
Penyerahan BMN pelabuhan Penyerahan BMN pelabuhan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah resmi melaksanakan serah terima Alih Status Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) Pelabuhan Tanjung Mocoh dari Kantor KSOP Kelas II Tanjungpinang kepada Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Bintan Wilayah Kota Tanjungpinang di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Penandatanganan tersebut dilaksanakan Kepala KSOP Tanjung Pinang Ridwan Chaniago dengan Kepala KPBPB  Bintan Wilayah Kota Tanjungpinang, Mohd. Ikhsan Fansuri, disaksikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Sekretaris Dewan KPBPB Bintan, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, serta Asisten Deputi Penguatan Daya Saing Kawasan, Kemenko Perekonomian. 

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Serah terima alih status penggunaan BMN tersebut pada Pelabuhan berupa tanah kosong yang sudah diperuntukkan seluas 5,776 m2 serta Dermaga seluas 5.760 m2. 

"Alih status penggunaan BMN Pelabuhan Tanjung Mocoh telah melalui proses yang panjang sejak tahun 2023, dan Alhamdulillah pada hari ini kita dapat bersama-sama menyaksikan Serah Terima Alih Status Penggunaan BMN pada Pelabuhan Tanjung Mocoh," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Pandjaitan. 

Baca Juga:
315 Peserta Mudik Asyik Bersama BUMN Naik KM Labobar Berangkat dari Balikpapan ke Surabaya

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan empat wilayah di Kepulauan Riau sebagai KPBPB atau disebut Free Trade Zone (FTZ), yaitu Batam, Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun. 

Pada Kawasan tersebut terdapat Pelabuhan Mocoh yang terletak di Pulau Dompak, Tanjung Pinang Kepulauan Riau. 

Baca Juga:
Standarisasi Pelayanan Pelabuhan Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kinerja Lognas

Pelabuhan Tanjung Mocoh memiliki posisi strategis dan dapat dikelola untuk berbagai kegiatan pelabuhan. 

Dengan demikian, adanya kegiatan serah terima ini dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

Lebih lanjut Lollan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan KPBPB di Kepri, serta seluruh pihak yang terlibat sehingga penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) BMN ini dapat dilaksanakan dengan baik.

"Saya mengajak kepada seluruh pihak dan instansi terkait untuk terus optimistis dalam bersinergi dan berkoordinasi. Harapannya, semoga ke depan kerja sama yang baik ini dapat terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," pungkasnya. (omy)